Hikmah Malam: 4 Amalan Sederhana yang Pahala Layaknya Naik Haji

Amalan Sederhana yang Pahala Layaknya Naik Haji
mekah/freepik-AI
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idIbadah ke Tanah Suci merupakan salah satu rukun Islam. Bagi yang mampu, haji merupakan kewajiban sekali seumur hidup.

Bagi sebagian orang, beribadah ke tanah suci memerlukan keterampilan tertentu yang sulit diperoleh, seperti keterampilan materi dan fisik. Namun Allah SWT melimpahkan rahmat-Nya melalui berbagai amalan yang pahalanya sama ibadah dengan haji.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

4 Amalan yang Pahalanya Sama dengan Ibadah Haji

Bagi muslim yang sulit untuk memenuhi kewajiban ibadah haji, terdapat beberapa amalan yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pahala yang setara. Berikut ini adalah beberapa amalan yang pahalanya sama seperti ibadah haji di Tanah Suci.

  1. Salat Berjamaah 5 Waktu di Masjid

Salat berjamaah di masjid adalah salah satu amalan yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pahala yang besar yakni, setara dengan haji. Salat merupakan tiang agama dalam Islam dan melaksanakannya secara berjamaah memiliki keutamaan yang luar biasa.

Salat berjamaah lebih utama 27 derajat daripada salat munfarid atau sendirian. Rasulullah SAW bersabda, “Salat berjamaah lebih utama 27 derajat dibanding salat sendirian.” (HR Bukhari dan Muslim)

Menurut buku Keajaiban Tahajud, Subuh dan Dhuha oleh Ferry Taufiq El-Jaquene yang dimaksud dengan salat berjamaah setara pahala haji jika dilakukan secara konsisten. Selain itu, orang yang melaksanakan salat duha di masjid maka akan mendapatkan ganjaran pahala setara umrah.

Hal ini merujuk kepada hadits yang bersumber dari Abu Umamah, Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang keluar dari rumahnya dalam keadaan suci untuk menunaikan salat fardhu, akan diberikan pahala ibadah haji. Sementara orang yang keluar rumah untuk mengerjakan salat duha dan tidak ada tujuan lain seperti itu maka akan diberikan pahala umrah.” (HR Abu Dawud).

  1. Zikir setelah Subuh

Dilansir dari buku Rahasia Terlengkap Dahsyatnya Mukjizat Shalat Tahajjud karya Abu Abbas Zain Musthofa al-Basuruwan, ibadah zikir setelah salat Subuh berjamaah hingga matahari terbit dan dilanjutkan dengan salat sunah 2 rakaat akan mendapatkan pahala yang sama dengan ibadah haji.

Zikir merupakan salah satu amalan untuk mengingat dan memuji Allah SWT. Amalan ini dapat membuat seorang hamba menjadi lebih dekat dengan Sang Pencipta.

Hal tersebut merujuk kepada salah satu hadits Rasulullah SAW, beliau bersabda, “Barangsiapa salat Subuh berjamaah, lalu duduk berzikir kepada Allah SWT sampai terbit matahari. Kemudian ia salat dua rakaat maka amalan itu sama dengan pahala menunaikan ibadah haji dan umrah secara sempurna, sempurna, dan sempurna.” (HR At Tirmidzi dan hasan menurutnya)

  1. Pergi ke Masjid dengan Niat Mencari Ilmu

Masjid bukan hanya tempat untuk melaksanakan ibadah, tetapi juga tempat untuk mencari ilmu dan memperdalam pengetahuan agama. Para ulama dan cendekiawan agama seringkali memberikan ceramah, kajian, dan diskusi keagamaan di dalam masjid. Ini memberikan kesempatan bagi umat Islam untuk belajar tentang ajaran Islam.

Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang berangkat ke masjid hanya untuk belajar kebaikan atau mengajarkannya, diberikan pahala seperti pahala ibadah haji yang sempurna.” (HR At Thabrani)

  1. Berbakti kepada Kedua Orang Tua

Amalan yang pahalanya sama dengan ibadah haji yang berikutnya adalah berbakti kepada kedua orang tua. Ajaran Islam memang sangat memuliakan orang tua dan kita wajib untuk berbakti kepada mereka.

Tidak hanya mendapatkan pahala yang setara ibadah haji, berbakti kepada kedua orang tua juga setara dengan jihad. Sebuah riwayat yang disampaikan oleh Anas bin Malik RA menyebutkan,

“Ada seseorang yang mendatangi Rasulullah SAW. Ia sangat ingin pergi berjihad namun tidak mampu. Rasulullah SAW kemudian bertanya kepada orang tersebut, ‘Apakah salah satu dari kedua orang tuanya masih hidup?’

Orang itu menjawab, ‘Ibunya masih hidup.’

Nabi Muhammad SAW kemudian berkata kepadanya, ‘Bertakwalah pada Allah SWT dengan berbuat baik pada ibumu. Jika engkau berbuat baik padanya, maka statusnya adalah seperti berhaji, berumrah, dan berjihad’.” (HR. Ath Thabrani)

Sejumlah amalan tersebut dapat dilaksanakan untuk mendapatkan pahala yang setara ibadah haji. Meski begitu, ibadah haji tetap wajib bagi umat Islam yang memiliki kemampuan dalam menunaikannya.

Wallahu a’lam.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *