Hikmah Malam : Kisah Rasulullah SAW yang Diterpa Badai di Malam Lailatul Qadar

Rasulullah SAW yang Diterpa Badai di Malam Lailatul Qadar
Malam Lailatul Qadar
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idMalam Lailatul Qadar terjadi pada malam terakhir bulan Ramadan. Malam ini sangat istimewa bagi umat Islam dan mempunyai kebaikan selama setara seribu bulan.

Hal ini tercantum dalam ayat 1-3 surat Al-Qadr:

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

اِنَّاۤ اَنۡزَلۡنٰهُ فِىۡ لَيۡلَةِ الۡقَدۡرِۖ ۚ‏ ١وَمَاۤ اَدۡرٰٮكَ مَا لَيۡلَةُ الۡقَدۡرِؕ‏ ٢لَيۡلَةُ الۡقَدۡرِ ۙ خَيۡرٌ مِّنۡ اَلۡفِ شَهۡرٍؕ‏ ٣

Artinya: Sesungguhnya, Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam qadar. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan.

Pada 10 malam terakhir Ramadan, umat Muslim juga dianjurkan untuk memperbanyak ibadah malam.

Mengutip buku Strategi Jitu Meraih Lailatul Qadar oleh Candra Nila Murti Dewojati, meningkatkan dan lebih fokus dalam beribadah juga dilakukan Rasulullah SAW, seperti yang disebutkan oleh Aisyah RA sebagai berikut:

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ: – كَانَ رَسُولُ اَللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – إِذَا دَخَلَ اَلْعَشْرُ -أَيْ: اَلْعَشْرُ اَلْأَخِيرُ مِنْ رَمَضَانَ- شَدَّ مِئْزَرَهُ, وَأَحْيَا لَيْلَهُ, وَأَيْقَظَ أَهْلَهُ – مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

Artinya: Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata, “Rasulullah SAW biasa ketika memasuki 10 Ramadhan terakhir, beliau mengencangkan sarungnya, menghidupkan malam-malam tersebut dengan ibadah, dan membangunkan istri-istrinya untuk beribadah.” Muttafaqun ‘alaih. (HR. Bukhari no. 2024 dan Muslim no. 1174).

Kisah Rasulullah saat Malam Lailatul Qadar

Melansir laman resmi Nahdatul Ulama, diceritakan saat itu Rasulullah SAW sedang melaksanakan iktikaf semalaman selama hari-hari terakhir Ramadan. Banyak sahabat yang mengikuti yang dilakukan oleh Rasulullah SAW.

Ketika Rasulullah SAW mengangkat tangan seraya berdoa, para sahabat turut mengamini doa-doa yang dipanjatkan Rasulullah. Dalam sebuah riwayat menyebutkan kejadian itu terjadi pada malam 27 Ramadan.

Kala itu langit tampak mendung dan tidak terlihat bintang. Tubuh Rasulullah SAW dan para sahabat tertiup oleh angin.

Secara tiba-tiba hujan turun dengan deras saat para sahabat dan Rasulullah tengah sujud. Mengingat masjid yang mereka gunakan tidak ada atapnya, masjid itu pun tergenang oleh air.

Kondisi yang seperti ini membuat salah seorang sahabat memiliki niat untuk membatalkan salatnya dan berteduh. Namun, saat melihat Rasulullah dan sahabat lainnya tetap khusyuk melaksanakan salat, ia pun mengurungkan niatnya itu.

Hujan semakin deras dan air pun semakin tinggi menggenangi masjid, tapi Rasulullah SAW tetap tidak beranjak dan masih khusyuk dalam sujudnya. Ternyata, saat beliau sujud, ia melihat cahaya ilahi yang indah dan ia khawatir saat bergerak, cahaya itu akan hilang.

Sebagian sahabat terlihat menggigil tidak kuat menahan dingin. Setelah Rasulullah SAW mengangkat kepala, seketika hujan pun reda.

Salah seorang sahabat Rasulullah SAW, Anas Bin Malik bangun dari tempat duduknya dan berlari mengambilkan kain kering untuk Rasulullah SAW. Namun, Rasulullah mencegahnya dan berkata sebagai berikut:

“Wahai Anas Bin Malik, janganlah engkau mengambilkan sesuatu untukku, biarkanlah kita sama-sama basah, nanti juga pakaian kita akan kering dengan sendirinya.”

Demikianlah kisah Rasulullah saat malam Lailatul Qadar. Semoga membuat kita semakin bergairah untuk memperbanyak ibadah selama 10 hari terakhir Ramadan.

Wallahu ‘alam.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *