Hikmah Malam: 8 Keistimewaan Surat Al-Fatihah, Sebagai Ummul Qur’an

Keistimewaan Surat Al-Fatihah
Keistimewaan Surat Al-Fatihah
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idSurat Al-Fatihah merupakan surat yang diturunkan di Makkah (Surah Makkiyah) dan terdiri dari 7 ayat. Surat ini sebagai pembuka Al-Qur’an tentu mempunyai keistimewaan tersendiri.

Selain itu, surat ini juga memuat syarat-syarat sah shalat yang benar sehingga kita membacanya setiap kali kita shalat. Simak beberapa keistimewaan Surat Al-Fatihah di bawah ini.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Keutamaan dan Rahasia Surat Al-Fatihah

Berikut adalah beberapa keistimewaan dari surat Al-Fatihah:

  1. Induk Al-Qur’an

Dikutip dari buku Mutiara di Samudra Al-Fatihah

oleh Ibnu Qayyim al-Jauziyah, Surat Al-Fatihah disebut sebagai induk Al Qur’an (ummul Qur’an). Surat ini dibangun di atas pondasi rububiyah, kumpulan ayat sempurna dan mencakup segala persoalan dengan sempurna juga.

Di mana, Al-Fatihah diawali dengan pernyataan sikap manusia yang memuji Allah SWT atas rasa syukur (pujian yang tinggi).

  1. Menjadi Doa Penyembuh Penyakit (Penawar/Obat)

Keistimewaan surat Al-Fatihah lainnya yaitu untuk pengobatan (penyembuh segala penyakit). Surat ini bisa dipakai untuk mantra (rukiah), baik itu untuk penyakit fisik ataupun penyakit hati.

Hal ini diterangkan dalam hadist yang berasal dari Abu Said a-Khudri ra.:”Pada suatu hari kami seorang budak perempuan dan berkata, ‘Sesungguhnya kepala dusun ini sakit dan tidak ada seorang pun di antara kami yang bisa mengobatinya. Adakah di antara tuan-tuan yang dapat menyembuhkannya?’ kata seorang di antara kami berdiri dan mengikuti budak itu. Kami tidak mengira jika ia bisa menjadi tabib. Si sakit itu kemudian dimantrainya dan sembuh. Kepadanya diberi hadiah 30 ekor kambing. Dan kami diberi suguhan susu. Ketika kami kembali, kami bertanya, ‘Apakah engkau membolehkan mantra dan apakah engkau tukang mantra?’ Dia menjawab, ‘Tidak. Aku bukan tukang mantra, tetapi hanya membacakan ummul kitab (Al-Fatihah)’. Kami berkata, “Kejadian itu jangan dikabarkan kepada siapa pun, sebelum kita tanyakan kepada Rasulullah SAW.” Sesudah itu kami sampai di Madinah, kami mendatangi Rasulullah SAW dan menceritakan kejadian itu. Rasulullah SAW bersabda, ‘Siapa tahu bahwa surah Al-Fatihah adalah mantra (obat) bagilah hadiah itu dan berikan kepadaku sebagian darinya.” (HR. Bukhari)

Sebagian ulama juga berpendapat, surat Al-Fatihah bisa menyembuhkan penyakit akibat sengatan binatang berbisa dan bisa dipakai untuk menyembuhkan orang yeng terkena jin.

  1. Munajat bagi Umat Muslim saat Salat

Surat Al-Fatihah menjadi munajat (doa sepenuh hati kepada Tuhan). Abu Dawud, At-Tirmidzi, An-Nasai, dan Ibnu Majah meriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang salat tanpa membaca Al-Fatihah , doanya belum sempurna”. Dia mengulangi kata-kata itu tiga kali.

Dari Ubadah bin Shamit Rasulullah pernah bersabda, “Tidak (dianggap sah) salat seseorang yang tidak membaca Surah Al-Fatihah.”

  1. Al-Fatihah Merupakan Al Qur’an Al-Azhim

Dikutip dari buku Rahasia Dahsyat Al-Fatihah, Ayat Kursi, dan Al Waqiah untuk Kesuksesan Karier dan Bisnis oleh Ustaz Ramadhan AM, Allah SWT menamai surat Al-Fatihah dengan Al Qur’an Al-Azhim. Padahal dalam Al-Qur’an tidak berisi surat Al-Fatihah saja, melainkan surat-surat lainnya yang berjumlah 113.

Mengapa dinamakan Al Qur’an Al-Azhim? Pasalnya, surat Al-Fatihah meliputi semua aspek yang termuat dalam AL-Qur’an secara global.

Walaupun suratnya pendek, surat ini memuat tiga macam tauhid, yakni tauhid Rububiyah, tauhid Uluhiah, dan tauhid Asma’ wa sifat.

  1. Surat Paling Agung

Allah SWT akan memberi balasan pahala yang amat besar, bagi mereka yang membaca Al-Fatihah dengan niatan tulus ikhlas.

Abu Sa’id bin al-Mu’alla pernah mengatakan “Dulu aku pernah salat. Lalu, Rasulullah SAW memanggilku. Namun, aku tak memenuhi panggilan beliau. Aku katakan: ‘Ya Rasulullah, tadi aku salat’”.

Rasulullah kemudian bersabda: “Bukankah Allah berfirman, ‘Penuhilah seruan Allah dan seruan Rasul apabila Rasul menyeru kamu’.” Kemudian beliau bersabda: “Maukah engkau ku ajarkan surat yang paling agung dalam Al-Qur’an sebelum engkau keluar dari masjid?” Beliau pun memegang tanganku. Tatkala kami hendak keluar, maka aku katakan: “Ya Rasulullah, sesungguhnya tadi Anda bersabda: “Aku akan ajarkan kepadamu surah yang paling agung dalam Al-Qur’an.”

Beliau bersabda: “Alhamdulillahi rabbil ‘alamin. Dia adalah tujuh ayat yang berulang-ulang, dan Al Qur’an Al-Azhim yang diberikan kepadaku.” (HR Al-Bukhari)

  1. Hanya Diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW

Allah menurunkan surat Al-Fatihah hanya kepada Nabi Muhammad SAW.

Dari hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dan Nasa’i yang bersumber dari Ibnu Abbas, dia berkata, “Pada suatu hari Nabi SAW duduk bersama Jibril, tiba-tiba Nabi mendengar suara bunyi dari atas, kemudian Jibril menoleh ke atas dan berkata, ‘Itu adalah pintu yang mudah terbuka sebelum ini’. Sebelumnya tidak pernah terbuka sama sekali.’ Lalu turunlah malaikat darinya. Jibril berkata, ‘Inilah salah satu malaikat turun dari langit. la sama sekali belum pernah turun ke bumi sebelumnya.’ Lalu sang malaikat mengucapkan salam, kemudian berkata, ‘Bergembiralah wahai Rasulullah dengan dua cahaya yang akan diberikan kepadamu. Keduanya belum pernah diberikan kepada seorang nabi pun sebelum engkau, yaitu Surah Al-Fatihah dan penutup Surah Al-Baqarah. Engkau tidak membaca satu huruf pun dari kedua surah tersebut (lalu engkau meminta kepada Allah) kecuali permintaanmu akan dikabulkan.”

  1. Keagungannya Melebihi Kitab Taurat dan Injil

Dari Abu Hurairah dan Ubay bin Ka’ab, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Allah tidak menurunkan dalam kitab Taurat dan Injil surah yang menyerupai (keagungan) Umm Al Qur’an (Al-Fatihah). Dialah assab’ul matsani. Surah ini terbagi antara Aku dengan hamba-Ku. Sungguh hamba-Ku akan mendapatkan apa pun permintaannya.”

  1. Cahaya untuk Umat Islam

Al-Fatihah juga memiliki keutamaan sebagai cahaya umat Islam. Pasalnya, surat ini berisi petunjuk atau sebagai rambu-rambu bagi umat muslim dalam berbagai urusan.

Keistimewaan dan keutamaan surat Al-Fatihah ini sangat banyak bagi kehidupan. Baik itu duniawi maupun kehidupan ukhrawi.

Perlu dicatat bahwa semua surat dan ayat di Al-Qur’an mulia dan agung. Tak terkecuali, bacaan surat Al-Fatihah yang memiliki keistimewaan tersendiri bagi umat Islam.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *