Hikmah Malam: 7 Amalan Jalur Langit, Semoga Mendapat Keberkahan Dari Allah SWT

Amalan Jalur Langit
Berdoa/pexel
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idJalur langit  terdiri dari berbagai amalan yang dilakukan seorang muslim untuk mencapai Arsy Allah SWT. Biasanya seorang muslim mempunyai keinginan yang besar atau kepasrahan yang besar, sehingga ia hanya berharap kepada Allah Ta’ala

Amalan jalur langit merupakan salah satu kunci kesuksesan karena membuka keberkahan Allah Ta’ala. Oleh karena itu, amalan jalur langit hendaknya dilakukan setiap hari, apapun keinginan atau harapan untuk mencapainya agar dikabulkan.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Amalan Jalur Langit

Mengutip dari buku The Power of Jalur Langit oleh Kawanita dan Isnura Afgandi serta buku Saat Jalur Langit Diusahakan Allah Mudahkan Segalanya karya Salwa Shalihah, berikut ini 7 amalan penembus jalur langit:

  1. Salat Tahajud

Amalan Salat tahajud dapat memberi ganjaran dahsyat bagi siapa saja yang mengamalkannya. Salah satu keutamaan sh dapat mendatangkan kemuliaan dan ditinggikan derajatnya sebagaimana tercantum dalam QS Al-Isra Ayat 79 sebagai berikut:

وَمِنَ الَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهٖ نَافِلَةً لَّكَۖ عَسٰٓى اَنْ يَّبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُوْدًا

Arti: “Pada sebagian malam lakukanlah salat Tahajud sebagai (suatu ibadah) tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.”

Kemudian, bukti nyata salat Tahajud sebagai amalan pengabul doa dan hajat tertera dalam HR Muslim yang berbunyi:

ﺇِﻥَّ ﻓِﻲ ﺍﻟﻠَّﻴْﻞِ ﻟَﺴَﺎﻋَـﺔً، ﻻَ ﻳُﻮَﺍﻓِﻘُﻬَﺎ ﺭَﺟُـﻞٌ ﻣُﺴْﻠِﻢٌ ﻳَﺴْﺄَﻝُ ﺍﻟﻠﻪَ ﺧَﻴْﺮًﺍ ﻣِﻦْ ﺃَﻣْﺮِ ﺍﻟﺪُّﻧْﻴَﺎ ﻭَﺍْﻵﺧِﺮَﺓِ ﺇِﻻَّ ﺃَﻋْﻄَﺎﻩُ ﺇِﻳَّﺎﻩُ، ﻭَﺫَﻟِﻚَ ﻛُﻞَّ ﻟَﻴْﻠَﺔٍ .

Arti: “Sesungguhnya di malam hari terdapat waktu tertentu, yang bila seorang muslim memohon kepada Allah dari kebaikan dunia dan akhirat pada waktu itu, maka Allah pasti akan memberikan kepadanya, dan hal tersebut ada di setiap malam.” (HR Muslim).

  1. Sedekah Shubuh

Manfaat edekah shubuh diantaranya yaitu dapat mendatangkan pahala dan kebaikan yang berlipat ganda. Hal ini terbukti dalam QS Al-Hadid Ayat 18 berikut ini:

اِنَّ الْمُصَّدِّقِيْنَ وَالْمُصَّدِّقٰتِ وَاَقْرَضُوا اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا يُّضٰعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ اَجْرٌ كَرِيْمٌ

Arti: “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik niscaya akan dilipatgandakan (pahala) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak.”

  1. Salat Witir

Amalan Salat witir dapat dilaksanakan di waktu sebelum tidur dan dilakukan dalam 3 rakaat tanpa tasyahud awal. Salat witir diketahui merupakan ibadah sunnah yang disaksikan Allah SWT. Keutamaan Salat witir ini dijelaskan dalam hadis berikut

مَنْ خَافَ أَنْ لاَ يَقُوْمَ مِنْ آخِرِ اللَّيْلِ ؛ فَلْيُوْتِرْ أَوَّلَهُ ، وَمَنْ طَمِعَ أَنْ يَقُوْمَ آخِرَهُ؛ فَلْيُوْتِرْ آخِرَ اللَّيْلِ ؛ فَإِنَّ صَلاَةَ آخِرِ اللَّيْلِ مَشْهُوْدَةٌ ، وَذَلِكَ أَفْضَلُ. أخرجه مسلم.

Arti: “Barang siapa yang khawatir tidak bangun di akhir malam, maka witirlah di awalnya. Dan yang yakin akan bangun di akhir malam, maka witirlah di akhir malam; karena Salat di akhir malam disaksikan dan itu lebih utama.” (HR Muslim).

  1. Membaca Surat Al-Insyirah dan Ad-Dhuha

Surat Al-Insyirah dan Ad-Dhuha merupakan obat bagi siapa saja yang sedang dilanda kesulitan dan kegundahan. Selain sebagai obat rasa galau, surat Ad-Dhuha dipercaya dapat membuka pintu rezeki.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *