Hikmah Malam: Kepada Siapa Sedekah Paling Utama Diberikan?

Sedekah Paling Utama
Sedekah Paling Utama
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idSedekah merupakan salah satu amalan yang dianjurkan bagi umat Islam. Sedekah membawa banyak keutamaan.

Allah berfirman dalam surat Al Baqarah ayat 274:

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

اَلَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ بِالَّيْلِ وَالنَّهَارِ سِرًّا وَّعَلَانِيَةً فَلَهُمْ اَجْرُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْۚ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُوْنَ ٢٧٤

Artinya: “Orang-orang yang menginfakkan hartanya pada malam dan siang hari, baik secara rahasia maupun terang-terangan, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada rasa takut pada mereka dan tidak (pula) mereka bersedih.”

Mengutip buku Dikejar Rezeki dari Sedekah oleh Fahrur Mu’is, sedekah lebih utama diberikan secara diam-diam ketimbang terang-terangan. Lantas kepada siapa sedekah paling utama diberikan?

Orang yang Paling Berhak Menerima Sedekah

  1. Sedekah kepada Orang yang Membutuhkan

Mengutip buku Fiqih Sunnah Jilid 2 oleh Sayyid Sabiq terjemahan Muh Iqbal Santosa, sedekah yang paling utama adalah kepada orang yang paling membutuhkan. Nabi Muhammad SAW bersabda,

“Sebaik-baik sedekah adalah mengalirkan (menyediakan) air” (HR Ibnu Majah).

Sedekah dengan mengalirkan air dapat menjadi sedekah yang paling utama jika dilakukan di tempat yang kekurangan air dan banyak orang mengalami kehausa. Jika tempat tersebut tidak kekurangan air, maka paling baik adalah mengalirkan air ke sungai atau memasang saluran air.

  1. Sedekah kepada Kerabat yang Memusuhi

Menukil buku Sedekahlah, Allah Menjaminmu Hidup Berkah susunan Ustaz Masykur Arif, Rasulullah SAW menyarankan muslim untuk selalu bersedekah kepada kerabat dekat yang memusuhi kita. Sebab, sedekah yang paling afdhal adalah yang diberikan kepada kerabat yang memusuhi.

Rasulullah SAW bersabda dalam haditsnya,

Sedekah yang paling afdhal atau utama adalah sedekah yang diberikan kepada keluarga dekat yang bersikap memusuhi.” (HR Thabrani dan Abu Dawud)

Tujuan diberikannya sedekah pada orang yang memusuhi kita agar mereka berhenti memusuhi. Mereka akan kembali sadar sehingga persaudaraan tetap terjalin.

  1. Sedekah kepada Keluarga dan Kerabat

Sedekah kepada keluarga dan kerabat dinilai lebih utama dibandingkan sedekah yang dilakukan untuk orang miskin. Sebagaimana dikatakan Nabi Muhammad SAW dalam haditsnya yang berbunyi,

“Sedekah untuk orang miskin, nilainya hanya sedekah. Sementara sedekah untuk kerabat, nilainya dua; sedekah dan silaturahmi.” (HR Nasa’i)

  1. Sedekah Suami kepada Istrinya

Pria muslim yang telah berkeluarga akan diganjar pahala yang besar apabila menafkahi istri dan anak-anaknya. Sedekah jenis ini bahkan menjadi kewajiban setiap kepala keluarga.

Ustaz Haryadi Abdullah dalam buku Solusi Sedekah Tanpa Uang menerangkan bahwa menafkahi istri dan anak mmenjadi sedekah yang pahalanya jauh lebih besar daripada bersedekah kepada orang lain. Rasulullah SAW bersabda,

Sedekah yang terbaik adalah yang dikeluarkan selebih keperluan, dan mulailah dari orang yang kamu tanggung.” (HR Bukhari)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *