Hikmah Malam: Jika Bersedekah, Lakukanlah Ini, Pasti Diterima di Sisi Allah Kata Gus Baha

Jika Bersedekah Lakukanlah Ini
Bersedekah


banner 800x800

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idUlama eksentrik asal Rembang, murid kesayangan Mbah Moen, yakni KH Ahmad Bahauddin Nursalim alias Gus Baha menjelaskan sedekah yang akan diterima Allah SWT.

Sebelum bicara inti permasalahannya, Gus Baha terlebih dahulu menganalogikan status si kaya dan si miskin.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dia bertanya majikan mana dan pembantu mana yang benar-benar lebih baik. Pertanyaan ini membawa pada pemahaman yang benar tentang pentingnya peran masyarakat miskin dibandingkan dengan si kaya.

“Zaman Rasulullah masih hidup itu kalau membuat contoh itu, kamu dengan pembantu itu lebih baik mana?” terangnya dikutip dari tayangan YouTube Short @Pati_Unus, Jumat (17/05/2024).

Gus Baha menyitir sabda Rasulullah SAW perihal peran penting pembantu atas tuannya, yakni seandainya tidak ada pembantu, mustahil tuannya itu dapat melakukan pekerjaannya dengan baik.

“Kata Nabi, seandainya tidak ada pembantu, kamu juga tidak melakukan pekerjaanmu,” paparnya.

“Hanya saja orang itu ditakdirkan oleh Allah menjadi pembantu,” sambungnya.

Lakukan Ini Ketika Sedekah, Pasti Diterima Allah

Dalam konteks bersedekah, maka pemahaman seperti di atas dapat dipraktikkan. Artinya, orang yang bersedekah harus pula merasakan kebutuhan akan eksistensi orang miskin yang menerima sedekahnya.

“Makanya saya pernah membaca hadis syaratnya sedekah bisa diterima Allah itu ada satu yang pasti diterima Allah itu kamu bisa melakukan,” paparnya.

“Kamu tidak merasa memberikan kepada orang itu, seperti butuhnya orang itu ke kamu, jadi sama,” imbuhnya.

Menurut Gus Baha dalam mengomentari hadis ini, maka sedekah pasti akan diterima Allah SWT, jika orang yang bersedekah merasakan butuh kepada si miskin sebagaimana si miskin juga sangat membutuhkan sedekah kita. Jadi merasa sama-sama membutuhkan.

“Misalnya saya sedekah kepada Rukhin 10 ribu atau 100 ribu. Yang lebih butuh uang karena miskin, oke dia butuh uang. Saya butuh pahala, supaya dapat pahala, saya sedekah,” terangnya

“Berarti saya juga butuh yang menerima sedekah, mestinya setiap kamu sedekah itu kamu yang merasa butuh orang yang disedekahi, sedekahmu akan diterima Allah menunggu ada yang menerima,” tandasnya.

Cara Bersedekah Menurut Ajaran Rasulullah SAW

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar