Hikmah Malam: Nabi Ibrahim AS di Surga Menjaga Anak Kecil Yang Meninggal, Benarkah?

Nabi Ibrahim AS di Surga Menjaga Anak Kecil Yang Meninggal
surga
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idDalam sebuah hadis disebutkan bahwa anak kecil yang meninggal sebelum orang tuanya akan diasuh oleh Nabi Ibrahim AS dan istrinya Siti Sarah. Mereka hidup bahagia di surga dan menunggu kedatangan orang tuanya.

Informasi ini tercantum dalam hadis Imam Bukhari. Mereka mengatakan bahwa Rasulullah SAW sedang bermimpi saat itu. Dia melihat seorang pria jangkung dikelilingi oleh anak-anak. Nabi SAW bersabda:

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

وَأَمَّا الرَّجُلُ الطَّوِيلُ الَّذِي فِي الرَّوْضَةِ فَإِنَّهُ إِبْرَاهِيمُ صلى الله عليه وسلم وَأَمَّا الْوِلْدَانُ الَّذِينَ حَوْلَهُ فَكُلُّ مَوْلُودٍ مَاتَ عَلَى الْفِطْرَةِ ‏

Artinya: “Adapun lelaki tinggi di dalam Raudhah itu adalah Ibrahim AS dan sekeliling baginda itu ialah wildan (anak yang meninggal dunia pada waktu kecil). Mereka semua yang dilahirkan pada waktu kecil itu mati di atas fitrah (yakni Islam dan dimasukkan ke dalam surga).”

Dalam hadits lain diriwayatkan bahwa hal itu diketahui saat Rasulullah SAW dibawa oleh malaikat dan diperlihatkan suasana di surga.

Mengutip Buku Pintar Hari Akhir karya Abdul Muhsin al-Muthairi, dijelaskan bahwa Nabi Ibrahim AS dan Siti Sarah akan mengasuh anak-anak kecil yang wafat mendahului orang tuanya di sebuah gunung di surga.

Buku tersebut menyadur Ibn al-Athir dalam Kitab al-Nihayah fi Gharib al-Hadith wa al-Athar. Digambarkan kehidupan anak-anak kecil tersebut di dalam surga. Mereka berlarian ke sana kemari tanpa ada yang menghalangi mereka satu pun.

“Seperti halnya perilaku anak-anak di dunia, tidak ada yang bisa menghalangi mereka untuk memasuki tempat yang haram (yakni wilayah privasi suatu keluarga). Tidak ada yang harus berhijab (menutup aurat) saat bersama mereka,” demikian keterangan buku tersebut.

Syekh Hamid Az-Zaini dalam buku 76 Pertanyaan Seputar Alam Barzakh (Edisi Indonesia), menjelaskan mereka bermain dan bersenang-senang di surga, serta mencari makan sesuka hati mereka.

Saat Nabi SAW memasuki surga di alam barzakh, beliau bersabda, “Kemudian aku dibawa melanjutkan perjalanan, dan ternyata di sana ada anak-anak yang sedang bermain di antara dua sungai. Aku berkata, “Siapa ini?” Dia menjawab, “Ini adalah keturunan orang-orang mukmin.”

Mereka akan dijaga sampai nanti akhirnya dikembalikan kepada orang tuanya di hari kiamat kelak. Sebagaimana riwayat dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, “Anak-anak kecil orang muslim (yang sudah meninggal dunia) tinggal di sebuah gunung di surga. Mereka diasuh oleh Ibrahim dan Sarah hingga dikembalikan lagi ke pangkuan orang-orang tua mereka pada hari kiamat.”

Anak-anak kecil yang Wafat Jadi Syafaat

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *