Konsumsilah 5 Minuman Kaya Antioksidan Ini Secara Rutin Agar Awet Muda

Minuman Kaya Antioksidan
Jus jeruk
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idAntioksidan merupakan senyawa penting untuk melawan radikal bebas dan kerusakan sel. Antioksidan tidak hanya bisa didapat dari makanan, tapi juga dari 5 minuman ini.

Antioksidan merupakan senyawa yang melindungi dari serangan radikal bebas berbahaya yang dapat merusak sel-sel tubuh dan menimbulkan penyakit.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Radikal bebas, di sisi lain, adalah molekul tidak stabil yang diproduksi di dalam tubuh atau dibawa melalui lingkungan, misalnya melalui asap rokok dan polusi.

Ketika kadar radikal bebas terlalu tinggi, dapat merusak sel-sel sehat dan berpotensi menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Bahkan bisa membuat Anda terlihat lebih muda.

Namun, tidak perlu khawatir karena antioksidan terdapat pada sejumlah makanan sehat seperti buah-buahan, sayur mayur, biji-bijian bahkan beberapa minuman.

Memasukkan makanan dan minuman ini ke dalam menu harian Anda dapat membantu menjaga pertahanan internal tubuh Anda tetap kuat dan sehat.

Untuk mendapatkan manfaat maksimalnya, Anda tidak hanya bisa menikmati makanan, tapi juga minuman kaya antioksidan setiap hari.

Berikut 5 jenis minuman yang kaya akan antioksidan, seperti dilansir dari eatwell.com (25/05/2024).

  1. Teh hijau

Teh hijau memiliki ragam khasiat baik. Erin Davis, MS, RDN, CDCES, seorang ahli diet terdaftar mengungkap minuman antioksidan yang menjadi pilihan utamanya adalah teh hijau.

Menurutnya, senyawa dalam teh hijau terutama katekin telah diteliti dengan baik dan terbukti dapat menurunkan gula darah, melindungi sistem saraf, dan memiliki khasiat antikanker.

Disarankan juga menambah sedikit perasan lemon karena menurut penelitian yang disebut eating well, sari buah lemon yang dicampur dengan teh hijau dapat membuat tubuh menyerap antioksidan dengan lebih baik.

  1. Jus delima

Buah merah delima yang cerah ini juga menjadi salah satu pilihan yang tepat. Buah yang dijadikan jus itu bisa mulai dikonsumsi karena kaya akan antioksidan.

Marie Spano, MS, RD, CSCS, CSSD menjelaskan, jus buah delima yang 100 persen dibuat dengan sari delima asli menjadi minuman yang mengandung polifenol baik untuk kesehatan.

Marie juga menambahkan, dalam sebuah penelitian jus buah delima 100% memiliki potensi antioksidan lebih besar daripada anggur merah atau teh hijau.

Daftar minuman antioksidan lainnya bisa dilihat pada halaman selanjutnya!

  1. Minuman cokelat

Pecinta cokelat bisa bersenang hati karena minuman cokelat yang terbuat dari kakao asli tanpa campuran gula atau pemanis lainnya mengandung banyak antioksidan.

Semakin tinggi persentase kakao yang dipilih, semakin banyak juga antioksidan yang akan didapat.

Ahli gizi Spano mengungkap, minuman cokelat panas atau dingin yang dibuat dengan kakao dapat membantu melancarkan alirah darah, meningkatkan kinerja kognitif, dan menurunkan tekanan darah, jika dikonsumsi secara teratur.

Manfaat ini didapat dari senyawa flavonol dalam kakao. Untuk mendapat banyak flavonol dari kakao, disarankan memilih bubuk kakao yang murni.

  1. Kopi

Kopi sebenarnya mengandung banyak manfaat baik bagi kesehatan. Salah satunya menjadi sumber antioksidan terbesar.

Davis, seorang ahli gizi juga menyebut kopi sebagai sumber asam klorogenat yang sangat baik. Senyawa tanaman ini memiliki efek anti diabetes, antikanker, anti radang dan anti obesitas.

Jika mengonsumsi minuman berbahan dasar espresso, kamu akan mendapat asupan antioksidan cukup besar. Di dalam espresso seberat 3,5 ons (sekitar 100 ml) mengandung 14,2 mmol antioksidan.

Namun, perlu diperhatikan jika antioksidan ini akan lebih efektif ketika kamu minum kopi hitam, tanpa tambahan gula, susu, atau pemanis buatan lainnya.

  1. Jus jeruk

Jus jeruk yang segar juga merupakan minuman kaya antioksidan yang mampu membantu menangkal radikal bebas.

Di dalam jus jeruk terkandung vitamin C, karotenoid, dan flavonoid yang kaya antioksidan. Ahli gizi Spano juga menunjukkan, di dalam jus jeruk terdapat antioksidan hesperidin yang juga memiliki sifat antiradang dan antikarsinogenik.

Di dalam satu gelas jus jeruk seberat 3,5 ons (sekitar 100 ml), mengandung 0,64 mmol antioksidan.

Jika ingin minum jus jeruk lebih baik membuatnya sendiri di rumah, atau pilih jus jeruk murni, jangan minum jus kemasan.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *