Hindari Micin Jika Tidak Ingin Otak Tumpul

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



­Jakarta, hajinews.id,-  Anda masih suka makanan bermicin? Hati-hatilah  micin karena menambahkan micin atau Monosodium Glutamat (MSG) memang membuat makanan jadi semakin enak. Tidak jarang jika banyak sekali yang menyenanginya. Tapi bahayanya juga banyak.

Sejumlah organisasi kesehatan seperti WHO, FAO, dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengklaim micin alias MSG  sebagai bahan yang aman dipakai. Namun, micin juga dapat membahayakan kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Lalu, seberapa berbahayakah micin untuk kesehatan?

Sebuah riset yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Nutrition pada 2011 mengungkapkan bahwa individu yang mengonsumsi MSG dalam jumlah tinggi lebih rentan terhadap obesitas.

Selain itu, kandungan dalam MSG menyebabkan peningkatan kadar asam glutamat pada otak. Jika MSG dikonsumsi terus-menerus atau dalam dalam jumlah yang banyak, kadar asam glutamate yang berlebih dapat mengakibatkan stimulasi sel-sel saraf yang berlebihan dan menyebabkan kerusakan pada sel saraf di otak.

Mungkin saja fakta di atas  mendasari lelucon ‘generasi micin’ yang kerap dipakai banyak orang saat ini. Istilah itu digunakan untuk orang yang tak menggunakan otaknya lantaran untuk menelaah sebuah masalah dengan benar. Lantaran telah kebanyakan mengonsumsi micin, kemampuan berpikirnya menjadi menurun.

Dalam penelitian tersebut dijelaskan bahwa batas aman untuk mengonsumsi MSG setiap harinya adalah maksimal 0,4 gram.

Penelitian tersebut juga mengimbau masyarakat untuk bijak dalam mengatur porsi MSG, serta mewaspadai efek samping kesehatan yang bisa disebabkannya.

Bagaimana dengan kamu, suka makan micin berlebihan juga?(*)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *