Sekretaris Umum Komisi Fatwa MUI: Menutup Aurat Hukumnya Wajib

Sekretaris Umum Komisi Fatwa MUI Asrorun Niam Sholeh. Foto: Republika
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Jakarta, hajinews.id-Hukum menutup aurat, baik untuk laki-laki dan wanita muslim adalah wajib. Hal ini ditegaskan Sekretaris Umum Komisi Fatwa MUI Asrorun Niam Sholeh.

Menurutnya, sarana untuk menutup aurat adalah beragam. “Islam mewajibkan setiap muslim untuk menutup aurat, aurat laki-laki dan perempuan berbeda, jadi yang diperintahkan adalah menutup aurat,” kata Asrorun saat dihubungi Republika.co.id, Rabu (22/1).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Namun, tata cara menutup  aurat tersebut bisa beragam modelnya. Salah satunya dengan menggunakan pakaian. Dengan demikian kata Asrorun, pakaian itu pada hakikatnya adalah sarana untuk menutup aurat.

“Apabila kewajiban menutup aurat itu tidak dapat dilaksanakan kecuali dengan menggunakan sarana penggunaan pakaian, maka pakaian yang menjadi sarana menutup aurat tadi hukumnya menjadi wajib,” tegas dia.

Yang dimaksud pakaian pun, lanjut Asrorun, juga beragam jenisnya. Bisa sarung, celana, jubah, jilbab, ataupun kerudung. Apapun itu kata dia, intinya adalah menutup aurat.

“Jadi intinya bukan persoalan pakaian mau pakai sarung, celana, jubah, mau pakai kerudung, jilbab, intinya adalah menutup aurat. Yang diwajibkan adalah menutup aurat. Pakai pakaian itu tidak wajib, tapi kalau pakai pakaian itu sebagai sarana menutup aurat dan kalau tidak menggunakan sarana itu engga bisa melaksanakan kewajiban maka sarana itu menjadi wajib,” jelasnya lagi.

Dan aurat bagi perempuan adalah seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan. Maka yang menjadi persoalan bukanlah berjilbab atau tidak, tapi harus menutup aurat.

“Bisa saja orang jilbaban tidak menutup aurat, atau sebaliknya, engga jilbaban menutup aurat bisa engga? Ya bisa, menggunakan sarung, menggunakan apa (saja) yang bisa menutup aurat. Kuncinya itu,yang harus dipahami,” paparnya. (wh/republika)

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *