Suka Makan Ikan?, Hati-hati Jenis Ikan Ini Justru Membahayakan Tubuh

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Jakarta, Hajinews.id – Ikan merupakan salah satu makanan yang paling sehat di dunia, tak heran jika ikan memiliki banyak penggemar. Maksud hati makan ikan agar sehat, namun justru ada jenis ikan yang berbahaya jika di konsumsi berlebihan.

Berikut hajinews.id rangkumkan jenis ikan yang sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan karena dapat membahayakan tubuh.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

1. Ikan lele

Seorang praktisi medis, Dr Arikawe Adeolu, mengatakan konsumsi lele berlebihan dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit kardiovaskular. Menurutnya, lele mengandung asam lemak omega 6 yang dapat meningkatkan tingkat peradangan dalam tubuh.Peradangan adalah penyebab utama penyakit kardiovaskular, kanker jenis tertentu, dan diabetes,” kata Adeolu melansir dari Vanguard.

2. Ikan kembung

 

Dikutip dari steptohealth.com Ikan kembung disebut sebagai ikan yang tak baik untuk dikonsumsi oleh tubuh.Hal ini karena kandungan merkuri pada ikan kembung sangat tinggi dan tubuh tak bisa begitu saja menyingkirkan logam merkuri. Semakin menumpuk logam merkuri di dalam tubuh, maka akan semakin banyak pula penyakit yang ditimbulkan.

3. Ikan nila

Ikan nila memiliki konsentrasi lemak beracun. Jika terlalu sering mengonsumsi ikan ini, maka bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL). Ikan ini juga membuat tubuh lebih sensitif terhadap alergen. Nila sangat tak dianjurkan untuk dimakan bagi penderita jantung, asam dan radang sendi.

4. Ikan tuna putih

Ikan jenis ini mengandung senyawa gempylotoxin yang mirip dengan lilin. Hal inilah yang membuat daging terasa lebih berminyak. Senyawa ini tak bisa dicerna oleh tubuh, sehingga buruk untuk pencernaan meskipun tak beracun.

Untuk mengurangi gempylotoxin, sebaiknya ikan tuna putih dimasak dengan cara digoreng atau dipanggang. Jika memiliki masalah pencernaan, sebaiknya hindari pengonsumsian ikan tuna putih.

5. Tuna sirip hitam

Ikan yang hampir punah ini sudah sulit ditemui dihabitat aslinya, biasanya tuna yang sering ditemui dipasaran berasal dari peternak ikan. Para peternak itu memberinya antibiotik dan hormon.

Untuk orang dewasa, maksimal mengonsumsinya 3,5 oz per bulan.

Nah itu dia tadi 5 jenis ikan yang menimbulkan resiko kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. (Sitha/diolah dari berbagai sumber).

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *