Anak di Bawah Usia 3 Tahun Dilarang Pakai Masker, Ini Bahayanya

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Seorang kepala perawat dari Public Health Englm memberikan peringatan kepada para orang tua bahaya menggunakan masker bagi anak-anak di bawah tiga tahun. Profesor Viv Bennett mengatakan bahwa anak-anak kecil dan bayi tidak boleh memakai masker karena mereka ‘berpotensi berbahaya’ dan ‘dapat menyebabkan sesak napas dan mati lemas’, seperti dilaporkan Daily Mail.

Untuk menyiasatinya, dia mengatakan anak-anak harus tetap berada di rumah. Terlebih apabila anak mengalami gejala Covid-19.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Jika Anda atau anak Anda tidak sehat dan mengalami gejala Covid-19, maka Anda harus menjalani tes dan tinggal di rumah sampai Anda mendapatkan hasilnya.” paparnya.

Peringatan ini datang setelah Menteri Kesehatan Matt Hancock mengeluarkan aturan bahwa penggunaan masker akan diwajibkan di toko-toko, supermarket, pusat perbelanjaan dalam ruangan, dan pusat transportasi di Inggris mulai hari ini, Jumat, 24 Juli.

Bagi siapa pun yang melanggar mematuhinya, maka menghadapi denda hingga £ 100 atau sekitar 1,8 juta rupiah.Namun, anak-anak di bawah usia 11 tahun dibebaskan dari peraturan tersebut. Pengecualian itu juga termasuk restoran, pub, pusat kebugaran, salon, dan bioskop.

Sebelumnya, para dokter juga sempat mengatakan bahwa penggunaan masker pada anak di bawah tiga tahun membuat mereka kesulitan bernapas. Hal itu terjadi karena mereka memiliki saluran udara yang lebih kecil, bahkan risikonya anak dapat mengalami mati lemas. Salah satunya dikatakan oleh seorang dokter spesialis anak, dr. Arifianto, Sp.A.Sejak pemerintah mulai mengimbau masyarakat untuk memakai masker saat bepergian, dr. Arifianto mengatakan penggunaan masker di bawah usia dua tahun tidak diperlukan.

“Meskipun tampak cukup longgar, tetap ada risiko halangan keluar masuknya udara (oksigen). Padahal bayi kecil sangat mengandalkan pertukaran oksigen lewat paru-parunya yang tak boleh terhalang.” tulis dr. Arifianto, dikutip dari cuitannya (@dokterapin), Senin, (04/05/20).

National Health Service juga memperingatkan bayi bisa berisiko menjadi kusut, terutama jika mereka mencoba melepaskan masker, yang berpotensi menyebabkan cedera serius.

Sedangkan, menurut Nation Wide Childrens, penggunaan masker pada anak usia tiga tahun ke bawah juga tidak disarankan, berikut dampak negatif menggunakan masker bagi anak dibawah tiga tahun yang dilansir dari berbagai sumber:

  • Jika mereka mengalami kesulitan bernapas, bayi tidak dapat melepaskan maskernya sendiri dan bisa mati lemas.
  • Balita atau anak kecil yang memakai masker kemungkinan akan mencoba melepasnya, serta lebih banyak menyentuh wajah mereka.
  •  Tidak ada masker N95 yang disetujui untuk anak kecil.(*)

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *