Ternyata Ada 7 Macam Teman di Dunia ini, Namun Hanya 1 yang Menemani Sampai Akhirat

Ternyata Ada 7 Macam Teman di Dunia ini, Namun Hanya 1 yang Menemani Sampai Akhirat
foto : unsplash ( teman)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Ternyata Ada 7 Macam Teman di Dunia ini, Namun Hanya 1 yang Menemani Sampai Akhirat

Hajinews.id – Manusia dalam menjalani kehidupan di dunia ini pasti akan berinteraksi dengan setiap orang baik itu keluarga, saudara, tetangga bahkan teman kita.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Teman merupakan orang yang bersama-sama baik dalam bekerja, nongkrong, bahkan teman akan menjadi orang yang sering bertemu selain dilingkungan keluarga, saudara, dan tetangga.

Dalam pergaulan kita harus bisa memilih teman, karena dalam hal ini teman itu bisa membawa kita ke jalan takwa kepada Allah SWT, sehingga bisa menemani kita sampai ke akhirat dan masuk surga, ternyata ada 7 macam teman yang selalu bersama, tapi hanya satu yang menemani sampai ke akhirat.

Sebagaimana hajinews.id rangkum dari berbagai sumber mengenai 7 macam teman, namun hanya 1 yang menemani sampai akhirat kelak, yaitu sebagai berikut:

1. Ta’rufan

Ta’arufan yaitu teman yang kita kenal secara kebetulan, seperti bertemu dalam kendaraan umum, dalam sebuah acara atau dalam keadaan apapun.

2. Ta’ariihan

Ta’ariihan yaitu teman yang diikat karena faktor sejarah, seperti teman seperjuangan saat di kuliah, teman sekampung, teman yang pernah satu pekerjaan dengan anda,

3. Ahammiyatan

Ahammiyatan yaitu teman yang dipertemukan karena sebuah kepentingan seperti teman bisnis, teman politik.

4. Faarihan

Faarihan yaitu teman yang dipertemukan karena satu hobby seperti yang hobby motor klasik, hobby karena satu club bola atau futsal dan masih banyak yang lainnya.

5. Amalan

Amalan yaitu teman yang dipertemukan karena satu profesi dengan anda seperti guru, dosen, dokter, dan masih banyak yang lainnya.

6. Aduwwan

Aduwwan yaitu teman yang terlihat baik akan tetapi sebenarnya penuh kebencian dalam dirinya.

7. Hubban Limaanan

Hubban Limaanan yaitu teman yang selalu mengajak kita dalam kebaikan baik dalam hal apapun, serta selalu mengajak kita dalam kebaikan dan selalu mengajak ke jalan Allah SWT.

Dari ke 7 teman di atas hanya satu saja yang akan berteman serta menyertai kita sampai di akhirat kelak, serta menemani kita sampai yaumil hisab, yaitu teman Hubban Limaanan yaitu teman yang seperti itu.

Akan tetapi teman kita dari no 1 sampai no 6 hanya akan menemani kita sampai diujung liang lahat saja dan sirna di akhirat, namun teman yang no 7 inilah yang akan menemani kita sampai akhirat kelak.

إِنَّمَا ٱلْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا۟ بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

Artinya: “Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.”(QS Al-Hujurat: 10)

Merujuk pada dalil Alquran di atas bahwasanya persahabatan yang baik itu berlandaskan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT karena dengan dasar itulah supaya pertemanan kita mendapatkan rahmat dari Allah SWT.

Nah apabila kita memiliki teman yang seperti ini teruslah temani dia karena teman yang seperti ini akan membawa kita ke surganya Allah SWT, wallahualam, semoga bermanfaat.

Sumber : mantrasukabumi

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *