5 Tanda Tumor Otak yang Jarang Disadari, Salah Satunya Lupa ingatan

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Gejala tumor otak juga bisa bergantung pada letak tumor tersebut tumbuh dan ukuran dari tumor tersebut. Secara umum, tumor otak memiliki gejala yang jelas dan gejala halus. Gejala halus ini yang terkadang jarang disadari oleh masyarakat umum.

Dilansir dari dari PortalJember dan Penn Medicine, University of Pennsylvania, berikut adalah 5 tanda tumor otak yang jarang disadari:

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

1. Perubahan sensorik

Menurut American Society of Clinical Oncology, kejang yang disebabkan tumor otak dapat menimbulkan perubahan sensorik. Perubahan sensorik ini meliputi perubahan pada penglihatan, penciuman, pendengaran, bahkan perasa.

Perlu diketahui bahwa perubahan sensorik bisa juga tidak didahului oleh kejang. Salah satu pasien Penn Medicine mulai kesulitan mendengar hingga diagnosisnya mengarah pada tumor otak langka yang mempengaruhi pendengaran dan keseimbangan.

2. Fungsi kognitif terganggu

Tumor otak mampu mengganggu fungsi kognitif, seperti kemampuan berpikir hingga kemampuan membaca.

“Ini sangat umum terjadi pada tumor di otak tengah,” kata Donald O’Rourke, ahli bedah saraf dan Direktur Bank Jaringan Tumor Otak Manusia di Penn Medicine.

“Kedua sisi otak saling terhubung dan mereka ‘berkomunikasi’ agar manusia bisa berpikir, mengingat, dan membaca…. Ketika tumor mengganggu komunikasi tersebut, itu menghancurkan kemampuan kognitif,” ucapnya.

3. Lupa ingatan

Setiap orang memiliki masalah memori dan hal tersebut sangat normal. Namun, ketika lupa berubah menjadi hilang ingatan, mungkin hal tersebut disebabkan oleh masalah berat, seperti tumor otak.

“Ini seperti memiliki anggota keluarga yang menderita Alzheimeri. Benar-benar menghilangkan substansi orang tersebut,” kata O’Rourke.

4. Tubuh tidak mematuhi otak

Koordinasi yang buruk, misalnya sering tersandung saat berjalan, sulit meraih benda, dan sulit melakukan aktivitas sederhana lainnya bisa jadi petanda tumor otak.

“Gejala seringkali bergantung pada lokasi tumor,” jelas O’Rourke.

Misalnya, jika terdapat tumor di otak kecil, mungkin seseorang akan kesulitan mengendalikan lengan dan kaki.

6. Muncul sakit di tempat tak terduga

Terkadang, tumor otak dapat memunculkan rasa sakit di luar kepala. Salah satu pasien Penn Medicine yang menderita tumor otak, awalnya mengalami sakit gigi. Ketika pengobatan tak kunjung menyembuhkan nyeri di gigi, ahli saraf menemukan bahwa rasa sakit tersebut disebabkan oleh tumor otak yang menekan saraf trigeminalnya.

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar