Hikmah Pagi : Keutamaan Salat Subuh Berjemaah

Ilustrasi
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Salah satu salat yang begitu berat untuk dilakukan bagi sebagian besar kaum Muslim, adalah salat Subuh berjamaah. Namun walaupun berat untuk melaksanakannya. Salat Subuh berjamaah mempunyai banyak keutamaan yang luar biasa bagi ibadah kita.

Untuk mengetahui secara rinci bagaimana keutamaan salat subuh, maka ikutilah paparan berikut ini yang dilansir Bagikanberita.com

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

1. Mendapat berkah

Salat Subuh berjamaah berpeluang untuk mendapatkan berkah dari Allah SWT. Rasulullah SAW telah medokan kepada umatnya agar mendapat berkah ketika melakukan aktivitas pagi, terlebih aktivitas wajib dan juga dilaksanakan berjamaah seperti salat Subuh. “Ya Allah, berkahilah umatku pada waktu paginya. (HR. Abu Dawud, Tirmidzi, dan Ibn Majah).

2. Terbukanya pintu rezeki

Diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib RA : selepas salat subuh Rasulullah mendapati putrinya Fatimah tengah tertidur. Maka beliau membangunkannya dan mengatakan.

“Hai Fatimah bangun dan saksikanlah rizki Rabbmu, karena Allah membagi-bagikan rizki para hamba antara sholat subuh dan terbitnya matahari” (HR. Al Mundziri).

Firman Allah: “Dirikanlah sholat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula sholat) subuh. Sesungguhnya sholat fajar (subuh) itu disaksikan (oleh malaikat).” (Qs. Al-Isra’: 78).

3. Mendapat cahaya yang sempurna pada hari kiamat

Kondisi pada waktu subuh pada umumnya masih gelap, walau dengan penerangan listrik yang ada dan kadang-kadang minim juga. Namun, dengan adanya kondisi seperti itulah justru terdapat ganjaran yang begitu besar dan luar biasa dari Allah SWT bagi manusia-manusia yang menuju masjid buat melaksanakan salat dengan cahaya yang sempurna di hari Kiamat kelak.

4. Mendapatkan ganjaran Salat Sepanjang Malam

Diriwayatkan Muslim dari Utsman bin Affan RA berkata; Rasulullah SAW bersabda:

“ Barangsiapa yang salat isya` berjama’ah maka seolah-olah dia telah salat malam selama separuh malam. Dan barangsiapa yang salat shubuh berjamaah maka seolah-olah dia telah salat seluruh malamnya.” (HR. Muslim).

5. Dijanjikan Masuk Surga

Semua orang pasti menginginkan tempat kembali yang terbaik yaitu surga dengan segala kenikmatannya. Diriwayatkan dari Abu Musa Al-asy’ari berkata bahwa, Rasulullah SAW pernah bersabda : “Barangsiapa yang mengerjakan sholat Bardain yaitu sholat Subuh dan Ashar maka dia akan masuk surga.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Kesimpulannya adalah ada dua waktu salat yang mempunyai keutamaan dibandingkan dengan sholat wajib lainnya yaitu salat Subuh dan Ashar. Menurut pendapat para ulama, dua waktu tersebut adalah waktu yang sulit. Waktu Subuh adalah waktu dimana kebanyakan manusia sedang tidur dan waktu Ashar adalah waktu dimana sebagian besar manusia sedang sibuk mencari rezeki.Sehingga di dua waktu ini Allah memberikan keutamaan yang lebih dibandingkan salat lainnya.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *