Hikmah Malam : 8 Jenis Rezeki yang Tercantum dalam Al-Quran

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Rezeki setiap orang sudah diatur oleh Allah SWT. Allah SWT memberikan setiap rezeki ke umatnya melalui berbagai cara. Ini pun telah disampaikan dalam Al-Quran. Ada banyak faktor yang membuat rezeki itu bertambah atau berkurang, termasuk di dalamnya doa dan ikhtiar.

Dilansir dari berbagai sumber, rezeki itu beragam. Berikut ragam rezeki tersebut.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

1. Rezeki yang telah dijamin Allah SWT

Allah SWT memang telah mengatur rezeki setiap umat-Nya. Maka dari itu, jangan pernah khawatir dengan apa yang belum Anda dapatkan, bisa jadi Allah SWT akan memberikan yang lebih baik dari apa yang kamu inginkan. Allah SWT berfirman dalam QS. Hud ayat 6 yang artinya:

“Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh).”

2. Rezeki karena bersyukur

Segala sesuatu yang telah anda dapati di dunia ini, itu jelas bersumber dari Allah SWT yang Maha Pemberi. Oleh karenanya, kita sebagai manusia patut mensyukuri nikmat yang telah diberikan. Dari hal itu, inshaallah rezeki akan terus mengalir kepadamu.Allah SWT berfirman dalam QS. Ibrahim ayat 7 yang artinya:

“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”.”

3. Rezeki karena berusaha

Diam saja tanpa melakukan apa pun, rezeki tidak akan datang. Selain bersyukur, berusaha untuk mendapatkan rezeki tentunya dengan cara yang halal perlu dilakukan, seperti bekerja. Sebab, kita tidak akan bisa memperoleh sesuatu tanpa usaha. Dan kita semua tahu, bahwa usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil.Allah SWT berfirman dalam QS. An-Naim auat 39-41 yang artinya:

“Dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya. Dan bahwasanya usaha itu kelak akan diperlihatkan (kepadanya). Kemudian akan diberi balasan kepadanya dengan balasan yang paling sempurna.”

4. Rezeki karena anak, cucu, dan keluarga

Sumber rezeki bisa datang dari mana saja, termasuk dari keluarga. Jadi, jangan pernah meragukan mereka ya. Apalagi berpikir kalau mereka menyusahkan. Jangan pernah! Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Isra ayat 31 yang artinya:

“Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut kemiskinan. Kamilah yang akan memberi rezeki kepada mereka dan juga kepadamu. Sesungguhnya membunuh mereka adalah suatu dosa yang besar.”

5. Rezeki dari sedekah

Allah SWT akan memberikan balasan bagi mereka yang selalu menyisihkan sedikit hartanya untuk bersedekah. Jika anda bersedekah, siapa tahu yang menerima sedekah tersebut pasti akan mendoakanmu supaya diberikan rezeki yang melimpah. Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Baqarah ayat 245 yang artinya

“Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.”

6. Rezeki karena menikah

Salah satu pintu rezeki adalah dengan menikah. Jika banyak lajang khawatir soal rejeki, maka Allah SWT telah menyatakan akan memberi kemampuan bagi setiap hamba-Nya yang menikah. Allah SWT berfirman dalam QS. An-Nur ayat 32 yang artinya:

“Dan kawinkanlah orang-orang yang sedirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

7. Rezeki berkat banyak istighfar

Di saat kita sedang mengalami banyak kesulitan, beristighfar menjadi salah satu cara untuk mendapatkan kemudahan. Allah SWT berfirman dalam QS. Nuh ayat 10-12 yang artinya:

“Maka aku katakan kepada mereka: ‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, -sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun. Niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, Dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.”

8. Rezeki yang tidak terduga

Rencana Allah SWT sudah selalu yang terbaik, termasuk rezeki bagi setiap orang. Sekalipun kamu sedang kesulitan, misal dalam finansial, jangan pernah ragukan kekuasaan Allah SWT. Sebab, rezeki bisa datang dari hal yang tidak terduga. Allah SWT berfirman dalam QS. Ath-Thalaq ayat 3 yang artinya:

“Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.”

Itulah ragam-ragam rezeki berdasarkan apa yang tercantum di dalam Al-Quran.

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar