Hikmah Malam : Ketika Wudhu Mampu Meluruhkan Dosa-Dosa Seseorang

wudhuu
Berwudhu. Foto: shutterstock
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



 

Hajinews.id – Wudhu mampu meluruhkan dosa-dosa seseorang. Ibadah sederhana yang biasa dilakukan seseorang sebelum melakukan ibadah lain itu nyatanya efektif untuk menghapuskan dosa.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Banyak sekali amaliah yang bisa dimanfaatkan oleh umat Muslim untuk menghapus dosa-dosanya. Mulai dari amalan yang tergolong berat, sampai amaliah dan ibadah yang tergolong mudah. Salah satu di antara amaliah dan ibadah yang mampu menghilangkan dosa adalah berwudhu.

Selain sebagai kewajiban, karena tidak sah shalatnya seseorang tanpa berwudhu, wudhu mampu meluruhkan dosa-dosa seseorang yang melakukannya. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Ibn Khuzaymah berikut ini:

عن أبي هريرة : أن رسول الله صلى الله عليه و سلم قال : إذا توضأ العبد المسلم أو المؤمن فغسل وجهه خرجت من وجهه كل خطيئة نظر إليها بعينيه مع الماء أو مع آخر قطر الماء فإذا غسل يديه خرج من يديه كل خطيئة كان بطشتها يداه مع الماء أو مع آخر قطر الماء فإذا غسل رجليه خرجت كل خطيئة مشتها رجلاه مع الماء أو مع آخر قطر الماء حتى يخرج نقيا من الذنوب

Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda, “ketika seorang Muslim atau Mukmin berwudhu dan mengusap wajahnya, maka seluruh dosa dan kesalahan yang ditimbulkan oleh matanya akan luruh bersamaan dengan mengucurnya air; jika dia mengusap tangannya, maka seluruh dosa yang ditimbulkan oleh tangannya akan luruh bersamaan dengan jatuhnya air wudhu; dan ketika dia membasuh kedua kakinya, maka segala dosa yang timbul dari kakinya akan luruh bersamaan dengan kucuran air yang turun dari kakinya.”

Tapi yang patut dicatat, yang dihapus dalam konteks berwudhu adalah dosa-dosa kecil yang mungkin tidak sengaja dilakukan oleh seseorang. Untuk kasus dosa-dosa yang besar, tentu saja butuh proses pertaubatan yang lebih serius. Ia tidak akan hilang hanya karena wudhu.

Begitulah rahmat Allah SWT bagi hamba-hambanya. Ketika seorang Muslim benar-benar menghayati dan menyempurnakan wudhunya, maka seluruh dosa yang ditimbulkan oleh anggota badan yang dibasuh otomatis akan luruh, sebagaimana luruhnya air wudhu yang menetes turun dari kulitnya. Wudhu tidak hanya menjadikan seseorang suci secara lahir, tapi juga suci secara batin. Dengan demikian, sebenarnya wudhu mampu meluruhkan dosa-dosa seseorang.

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *