Hikmah Malam : 3 Kebiasaan yang Mendatangkan Murka Allah SWT

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Kita sangat sadar betul bahwasanya manusia tidak akan pernah luput dari salah dan dosa. Meski sering terjerumus dalam dosa yang sama, akan tetapi Allah Yang Maha Pengasih akan terus membuka pintu ampunan bagi siapapun yang mau bertaubat dari segala kesalahan.

Allah lebih sayang kepada hambanya yang mau bertaubat dan mengakui kesalahan, dibanding dengan seorang hamba yang merasa tidak pernah punya salah dan selalu benar.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Rasulullah SAW sering mengingatkan kepada kita semua agar menjauhi hal-hal kecil yang tampak biasa, akan tetapi justru malah bisa menyebabkan Allah murka dengan hal tersebut.

Dari Abu Hurairah RA bahwa Rasulullah SAW menyampaikan 3 hal yang membuat Allah ridha kepada kita dan 3 hal yang membuat Allah murka kepada kita.

Tiga hal yang membuat Allah ridha kepada kita diantaranya, beribadah kepada Allah, tidak menyekutukan Allah dan berpegang teguh dengan agama Allah. Lantas, apakah 3 hal yang membuat Allah murka kepada kita?

Berikut tiga hal yang membuat Allah murka kepada hamba-Nya, diantaranya:

1. Banyak Berprasangka

Seperti yang kita ketahui, berprasangka umumnya menjurus pada kejelekan sehingga akan memunculkan hal-hal yang tidak seharusnya terjadi.

Allah SWT berfirman:

“Wahai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan prasangka karena sebagian dari prasangka itu dosa.” (QS. Al-Hujurat:12)

Dari ayat tersebut seolah-olah Allah ingin menyampaikan kepada semua hamba-Nya untuk menjauhi berprasangka apabila belum mengetahui kebenaran dari suatu permasalahan.

2. Meminta-minta

Meminta-minta juga termasuk salah satu perbuatan yang snagat dibenci Allah SWT karena seorang muslim yang taat tidak akan menghinakan dirinya dengan cara meminta-minta.

Allah SWT telah membekali kita dengan akal dan kekuatan, maka gunakanlah akal dan juga kekuatan kita untuk mencari rezeki yang telah Allah sediakan untuk kita semuanya.

Rasulullah SAW bersabda:

“Tidaklah perbuatan meminta-minta ditekuni oleh seseorang, kecuali dia akan berjumpa dengan Allah dalam keadaan tidak ada sekerat daging pun di wajahnya.” (HR. Bukhari-Muslim)

3. Menyiakan Harta (Boros)

Mungkin ada sebagian dari kita yang diberikan kenikmatan lebih yang berupa materi atau harta kekayaan dari Allah SWT. Atas kenikmatan itu hendaknya kita sadar dan selalu bersyukur kepada sang pencipta. Perbuatan menyiakan harta termasuk dalam golongan manusia yang kurang bersyukur atas nikmat Allah SWT.

“Maka makanlah yang halal lagi baik dari rezeki yang telah diberikan Allah kepadamu dan syukurilah nikmat Allah jika kamu beribadah kepadanya.”(QS. An-Nahi: 114).

Contoh mudah dari menyiakan harta atau membuang-buang harta adalah berlaku boros dalam kebutuhan mengeluarkan harta untuk kemaksiatan bahkan membuang makanan yang masih layak termasuk salah satu perbuatan menyia-nyiakan harta.

Nah, tiga perbuatan tersebut ternyata snagatlah lekat dengan muslimin. Tanpa sadar kebiasaan-kebiasaan yang kita lakukan tanpa pikir panjang tersebut justru menyebabkan murka Allah.

Semoga Allah SWT selalu mengampuni dan menahan murkanya kepada kita semua.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *