Hikmah Siang : 5 Cara Koreksi Diri Menurut Al-Ghazali

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



 

Hajinews.id- Manusia adalah makhluk yang tidak luput dari dosa dan kesalahan. Karena itu, Islam mengajarkan untuk memperbaiki terus menerus agar menjadi Muslim yang lebih baik setiap harinya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Ulama senior Al-Azhar, Mesir, Dr. Ai Jum’ah memberi beberapa tips untuk mengkoreksi diri. Setidaknya ada lima cara yang ia anjurkan untuk dilakukan untuk mengetahui kekurangan diri mengacu dari pendapat Imam Al-Ghazali dalam kitab Ihya Ulumuddin.

1. Pendapat guru

Menurut Ali Jum’ah, cara pertama untuk mengetahui kekurangan diri adalah meminta pendapat dari guru. Duduklah bersama guru dan minta pendapatnya tentang diri kita. Duduklah bersama guru yang alim dan sering membimbing kita. Guru adalah penasehat yang jujur dan akan memberi masukan saat dibutuhkan.

2. Pendapat sahabat

Cara lainnya adalah meminta pendapat dari sahabat dekat. Dalam bahasa arab, kata teman disebut dengan “sodiq”, karena teman adalah orang yang berbicara jujur kepadamu seberapa pahit pun rasanya.

Kata sodiq atau teman ini sesuai dengan pepatah Arab yang menyebut, “temanmu adalah yang berkata benar kepadamu, bukan yang membenar-benarkan kamu.

3. Muhasabah diri

Cara ketiga dari untuk mengetahui kekurangan diri adalah dengan metode perenungan atau muhasabah. Dengan berpikir secara mendalam tentang diri ini seseorang akan menyadari Kekurangannya.

4. Pendapat musuh

Metode keempat adalah dengan mendengarkan pendapat musuh tentang diri kita. Seperti diketahui, musuh adalah orang yang selalu mencari kesalahan orang yang dia lawan.

5. Melihat lingkungannya

Cara kelima adalah dengan melihat lingkungan masyarakat atau komunitas yang diempati. Nabi menyebut orang mukmin bagaikan cermin bagi mukmin lainnya. Sehingga baik atau buruknya seseorang bisa dilihat dari lingkungan yang orang-orang ini jalani.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *