Hikmah Malam : Tiga Anjuran Nabi saat Berbuka Puasa

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



 

Hajinews.id- Rasulullah ﷺ telah memberikan anjuran kepada hambanya tentang apa yang harus dilakukan seorang Muslim ketika memasuki waktu berbuka puasa. Berikut tiga anjuran nabi bagi umatnya jelang berbuka:

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Menyegerakan berbuka

Ketika telah berkumandang adzan maghrib, maka bersegeralah untuk berbuka puasa. Sebab terdapat kebaikan bagi orang yang menyegerakan berbuka (tajil al fithr) ketika telah masuk waktunya.

Menukil sebuah hadits dalam kitab tafsir Bulughul Maram:

وَعَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : لَا يَزَالُ النَّاسُ بِخَيْرٍ مَا عَجَّلُوا الْفِطْرَ مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

Dari Sahl bin Saad radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah ﷺ bersabda: Manusia senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan waktu berbuka (Muttafaqun ‘alaih).

Dalam redaksi hadits yang diriwayatkan Anas ibn Malik disebutkan :

بَكِّرُوْا بِالإفْطَارِ، وَأَخِّرُوْا السَّحُوْرَ

Segerakanlah berbuka dan akhirkanlah sahur.

Maka sunahnya ketika melaksanakan sahur adalah di akhir waktu atau hampir dekat dengan terbitnya fajar. Sedang untuk berbuka sunahnya untuk menyegerakannya ketika telah masuk waktu berbuka yakni telah terbenamnya matahari yang juga menjadi waktu masuk shalat Maghrib.

Memakan kurma

Rasulullah ﷺ ketika berbuka puasa sering mengkonsumsi kurma. Dalam banyak hadits dijelaskan banyak keutamaan-keutamaan dari buah kurma diantaranya menangkal tubuh dari racun. Terlepas dari itu, berbuka dengan kurma menjadi kesunahan untuk dijalankan umat nabi Muhammad ﷺ.

إذا أفطر أحدكم فليفطر على تمر، فإن لم يجد فليفطر على ماء فإنه طهور

Apabila kamu ingin berbuka, berbukalah dengan kurma. Jika tidak ada, minumlah air putih karena ia suci. (HR At-Tirmidzi)

Sunahnya mengkonsumsi kurma saat berbuka itu dalam bilangan ganjil yakni tiga butir. Lebih utama untuk mengkonsumsi kurma rutbah atau kurma basah. Bila tidak ada, maka dapat mengkonsumsi kurma tamr atau kurma kering. Para ulama berpendapat bila tidak memiliki kurma untuk berbuka puasa, maka dapat berbuka dengan sesuatu yang manis dan menyegarkan. Misalnya saja buah-buahan yang manis. Selanjutnya minum air putih dan lebih utama lagi bila meminum air zamzam. Sunah minum adalah tiga tegukan sebagaimana dicontohkan nabi Muhammad ﷺ.

Bersedekah makanan berbuka

Ramadhan menjadi momentum untuk bersedekah. Maka dianjurkan nabi Muhammad ﷺ kepada umatnya untuk bersedekah terlebih memberi makan orang yang berpuasa.

مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا

Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga. (HR. Tirmidzi).

Karena itu sebelum waktu berbuka, sebaiknya mempersiapkan makanan terbaik untuk diberikan kepada tetangga atau kaum dhuafa dan lainnya.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *