Ingin Ajukan Klaim Asuransi Total Loss Only? Perhatikan Tips Berikut Ini agar Tidak Tertolak

Klaim Asuransi
Klaim Asuransi
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Tentunya tidak ada yang tahu kapan akan terjadi kecelakaan, kebakaran, bencana alam, pencurian dan lainnya, yang bisa mengakibatkan Anda mengalami kerugian akibat kendaraan yang rusak.

Namun risiko terjadinya musibah tersebut akan selalu ada kapanpun, meski Anda sudah sangat berhati-hati sekalipun. Oleh karena itu, Anda harus mendaftar asuransi kendaraan, khususnya mobil.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Untuk mendapatkan informasi terkait asuransi mobil online terbaik, Anda dapat mengetahuinya dalam artikel berikut.

Anda juga dapat cek asuransi TLO mobil jika ingin memiliki perlindungan kendaraan Total Loss Only.

Asuransi Mobil

Asuransi mobil, baik mobil bekas ataupun mobil yang masih baru sangat penting untuk segera Anda daftarkan.

Hal tersebut dilakukan untuk menghindari terjadinya kerugian finansial yang lebih banyak, jadi saat mobil Anda mengalami kerusakan, Anda bisa dengan mudah mengajukan klaim asuransi sebagai penggantian atas kerugian yang dialami.

Meski mudah, klaim asuransi tersebut hanya bisa dilakukan jika Anda memenuhi syarat dari produk asuransi yang Anda pilih. Setiap produk asuransi mobil memiliki aturannya sendiri dalam hal pengajuan klaim, produk asuransi mobil tersebut di antaranya:

Asuransi mobil Total Loss Only (TLO)

Anda bisa melakukan klaim asuransi TLO ini hanya jika kerugian atau kerusakan yang dialami lebih dari 75%, seperti contohnya mobil yang hilang, mobil yang ringsek tertimpa pohon, dan lainnya.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan usia mobil, karena usia maksimal mobil untuk mengajukan klaim asuransi yang satu ini adalah 15 tahun, dengan harga premi yang perlu Anda bayarkan cukup rendah.

Asuransi mobil All risk

Sedangkan untuk asuransi mobil All Risk, Anda bisa mengajukan klaim asuransi saat mobil mengalami kerusakan, bahkan dari kerusakan kecil hingga kerusakan besar. Contohnya, bemper mobil Anda yang rusak karena menabrak trotoar, dan lainnya.

Namun, perlu diingat, ada batasan usia maksimal mobil yang bisa mengajukan klaim asuransi, yakni untuk asuransi All Risk hanya sekitar 7-10 tahun saja, dengan harga premi yang cukup mahal.

Dengan adanya penjelasan terkait dua produk asuransi mobil tersebut, Anda perlu membuat pilihan paling tepat terkait produk asuransi yang akan dipilih, jika masih bingung, Anda bisa melihat-lihat referensi dan juga melakukan konsultasi secara gratis melalui asuransi mobil online terbaik.

Tips Asuransi TLO Diterima

Sudah dijelaskan bahwa tidak semua jenis kerugian atau kerusakan yang mobil Anda alami bisa diajukan klaim asuransinya, Anda perlu cek asuransi TLO mobil dengan teliti, dan pastikan bahwa kerusakan mobil sudah lebih dari 75%. Agar Anda tidak ditolak saat mengajukan klaim asuransi, sebaiknya ikuti beberapa tips berikut ini,

  1. Setelah mengalami kejadian yang melibatkan mobil Anda dan merugikan secara finansial, Anda harus langsung membuat laporan klaim asuransi setidaknya 3 x 24 jam setelah kejadian tersebut.
  2. Siapkan dan lengkapi persyaratan dokumen yang diperlukan untuk mengajukan klaim asuransi, persyaratan tersebut di antaranya:
  • Fotokopi polis asuransi mobil
  • Surat keterangan polisi
  • Fotokopi SIM dan STNK
  • Foto mobil sebanyak 6 buah, yang terdiri dari tampak depan, belakang, sisi kanan, sisi kiri, ban cadangan, dan dashboard
  • Formulir pengajuan klaim
  • Dokumen lain yang diminta pihak perusahaan asuransi
  1. Pastikan bahwa kecelakaan yang Anda alami tidak terjadi karena Anda yang melakukan pelanggaran hukum, contohnya melanggar peraturan lalu lintas, tidak punya SIM, dan lainnya
  2. Anda juga perlu memperhatikan wilayah tempat Anda mengalami kecelakaan atau kehilangan mobil, apakah wilayah tersebut sudah sesuai atau belum dengan klausul wilayah yang ada dalam kesepakatan produk asuransi mobil.
  3. Jika Anda sudah memodifikasi mobil, Anda juga perlu membuat laporan kepada pihak asuransi beserta lampiran yang berisi nilai pertanggungan aksesori tersebut.
  4. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah Anda perlu menghindari tindakan yang merusak kendaraan dengan sengaja, seperti menabrakan mobil Anda ke mobil lain, menerjang banjir sehingga mobil menjadi mogok karena mesin mobil kemasukan air, memukul kendaraan hingga penyok, dan tindakan lain yang dilakukan dengan sengaja.
  5. Satu hal yang tidak kalah penting adalah, Anda harus memastikan bahwa polis asuransi mobil Anda masih aktif.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat akan mengajukan asuransi kendaraan, terutama untuk produk asuransi mobil TLO (Total Loss Only) yang memang harus dipenuhi semua syaratnya baru bisa diterima klaim asuransinya.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *