Jangan Abaikan Kanker Prostat, Dapat Menjalar ke Kaki

Jangan Abaikan Kanker Prostat
Jangan Abaikan Kanker Prostat
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.idKanker prostat adalah kanker paling umum kedua yang diidap para pria. Pada 2020 diperkirakan 1,4 juta orang di seluruh dunia didiagnosa menderita kanker prostat. Hal ini menempatkan kanker prostat menjadi kanker keempat yang paling sering didiagnosa di dunia.

Kanker prostat tak bisa diabaikan karena ia dapat menjalar hingga ke kaki.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Meskipun 60 persen kasus kanker prostat didiagnosis pada orang berusia 65 tahun atau lebih, pria muda juga dapat mengalami penyakit ini. Yang keluarganya memiliki riwayat kanker prostat atau orang yang mengalami obesitas memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit ini dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki faktor resiko tersebut.

Bisa Menyebar Keluar dari Prostat

Faktor yang paling mengkhawatirkan dari kanker prostat adalah bahwa ia dapat menyebar ke luar prostat, menyebabkan gejala yang dapat berbeda dari gejala kencing yang umum.

Kanker prostat adalah kanker yang terjadi pada prostat, yang merupakan kelenjar kecil berbentuk kenari pada pria yang membantu membuat air mani.

Dilansir dari timesofindia.com, biasanya kanker dimulai saat sel-sel dalam tubuh mulai tumbuh secara tidak normal. Diduga kanker prostat dimulai ketika sel-sel di kelenjar prostat mulai tumbuh di luar kendali.

Menurut mayoclinic.org, kanker prostat dimulai ketika sel-sel di prostat mengembangkan perubahan dalam DNA nya. Akumulasi sel-sel abnormal membentuk tumor yang dapat tumbuh untuk menyerang jaringan di dekatnya.

Jenis-jenis Kanker Prostat

Menurut Cancer Research UK, ada berbagai jenis kanker prostat. Jenis yang paling umum adalah adenokarsinoma prostat. Jenis kanker prostat umum lainnya yaitu:

  • Adenokarsinoma prostat. Adenokarsinoma berkembang di sel kelenjar yang melapisi kelenjar prostat dan saluran kelenjar prostat.
  • Karsinoma sel transisional prostat
  • Karsinoma sel skuamosa prostat
  • Kanker prostat sel kecil

Kanker prostat bahkan dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya. Jenis ini disebut kanker prostat lanjut, artinya kanker yang dimulai di kelenjar prostat lalu telah menyebar ke bagian lain dari tubuh.

Hal ini dapat menyebabkan nyeri tulang, kelelahan ekstrem, merasa tak sehat, dan penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan. Selain itu, beberapa orang mungkin mengalami gejala khusus pada area di mana kanker telah menyebar.

Menurut Karthik Giridhar seorang ahli di Mayo Clinic, sel kanker prostat dapat menyebar ke mana saja di tubuh. Namun, pada umumnya metastasis kanker prostat paling sering terjadi di kelenjar getah bening dan tulang. Ini terjadi ketika sel-sel terlepas dari tumor di prostat.

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *