dr Zaidul Akbar: Ini Dosis Konsumsi Jenis Habbatussauda yang Baik untuk Kesehatan

Dosis Konsumsi Jenis Habbatussauda
Dosis Konsumsi Jenis Habbatussauda
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Penggagas kesehatan ala Rasulullah SAW, dr Zaidul Akbar menjelaskan dosis konsumsi habbatussauda yang pas dikonsumsi untuk kesehatan.

Jenis herbal yang meiliki segudang khasiat, dr Zaidul Akbar turut menjelaskan jenis habbatussauda yang baik untuk dikonsumsi.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Secara umum diketahui, jenis habbatussauda ada dua yakni bubuk dan minyak. dr Zaidul Akbar menyebut jenis minyak lebih bagus dikonsumsi.

Habbatussauda (Nigella sativa) atau disebut juga jintan hitam adalah salah satu jenis tanaman subtropis dari Timur Tengah.

Jintan hitam adalah terna, daunnya berbau segar, bijinya mengandung minyak asiri dan lemak, digunakan untuk rempah-rempah dan campuran obat, misalnya untuk obat sakit perut. Terna ini merupakan rempah-rempah yang dapat digunakan sebagai tanaman obat.

dr Zaidul Akbar menjelaskan secara pasti standar dosis konsumsi habbatussauda tak diketahui secara pasti, namun jika dalam bentuk kapsul, bisa mengkonsumsinya sebanyak 3-5 kapsul per hari.

“Bisa Anda makan pagi satu, siang satu, sore satu kapsul hingga lima kapsul sehari setiap waktu shalat juga tidak masalah,” jelas dr Zaidul Akbar dilansir Banjarmasinpost.co.id dari kanal youtube dr. Zaidul Akbar Official.

Cara konsumsi habbatussauda yang disarankan dr Zaidul Akbar yakni satu kapsul diminum bersamaan dengan air yang ditambahkan madu.

Perpaduan konsumsi habbatussauda dengan air madu memiliki khasiat yang luar biasa.

dr Zaidul Akbar tidak menyarankan mengkonsumsi dalam jumlah banyak misalnya langsung lima butir.

Karena pada prinsipnya herbal dikonsumsi sedikit demi sedikit namun secara kontinyu dan dijeda waktunya.

Sementara jenis habbatussauda yang ada yakni bubuk dan minyak, menurut dr Zaidul Akbar tergantung kepada keperluan yang diinginkan pada tubuh.

“Keduanya baik, hanya kalau Anda ingin mendapatkan konsentrasi dari bahan-bahan mineral yang ada pada habbatussauda memang lebih bagusnya makan atau minum yang jenis minyak,” paparnya.

Satu kilogram serbuk habbatussauda akan menjadi minyak paling banyak 20-30 persen.

Sisanya dalam bentuk bahan-bahan lainnya, jadi kalau mau dapatkan sarinya ya minum minyak.

Jika habbatussauda yang jenis minyak dikonsumsi dosisnya sama dengan bubuk, yakni 3-5 kapsul.

Dilansir Tribunlifestyle.com, habbatussauda atau jinten hitam dapat dimanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena mengandung komponen bernama polisakarida.

Kandungan ini merupakan sumber serat makanan yang baik bagi tubuh dan dapat membantu menjaga daya tahan tubuh.

Kandungan Thymoquinone (TQ) dalam jinten hitam menjadi komponen utama yang telah terbukti memiliki potensi antioksidan yang tinggi, menggobati berbagai macam ganguan pernafasan dan bersifat anti-inflamasi atau anti radang sehingga dapat menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh menjadi lebih baik.

Habbatussauda juga kaya akan asam lemak esensial, seperti asam linoleat, yang tidak dapat diproduksi tubuh dan perlu didapatkan dari luar, yang mana pada kandungan asam lemak ini turut berkontribusi untuk meningkatkan sistem imun.

Dengan beragam manfaat yang dimiliki, Habbatussauda , dianjurkan dikonsumsi untuk membantu menjaga daya tahan tubuh sehari-hari.

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), Dr. (Cand.) dr. Inggrid Tania, M.Si (Herbal) mengatakan, di tengah kondisi pandemi saat ini, menjaga sistem imun merupakan kunci dalam menjaga kesehatan.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *