Nyeri Punggung: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobatinya

Nyeri Punggung
Nyeri Punggung
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Berikut adalah beberapa upaya perawatan sakit punggung yang bisa dilakukan di rumah:

1. Kompres Panas dan Dingin

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dilansir dari Mayo Clinic, cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengurangi sakit adalah dengan kompres panas atau dingin di bagian yang terasa nyeri. Hal ini dilakukan untuk merelaksasi otot punggung yang tegang.

2. Peregangan

Tindakan lain yang bisa dilakukan untuk meredakan nyeri punggung adalah dengan meregangkan punggung. Latihan peregangan bisa meningkatkan rentang gerak dan menguatkan serta melenturkan otot.

3. Tidur dengan Posisi yang Baik

Kenyamanan saat tidur begitu penting bagi seseorang yang sedang mengalami sakit punggung. Posisi tubuh yang benar akan membantu meringankan sakit dan menghindari sakit di kemudian hari.

Perawatan Medis untuk Nyeri Punggung

Selain melakukan perawatan sendiri di rumah, di beberapa kasus sakit punggung harus mendapatkan perawatan medis. Dengan cara ini, kamu akan mendapatkan berbagai macam obat pereda nyeri punggung.

Dilansir dari laman Mayo Clinic, berikut adalah beberapa cara medis untuk menangani sakit punggung:

1. Konsumsi Obat Pereda Nyeri

Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), seperti ibuprofen dapat berperan sebagai obat sakit punggung. Obat ini akan membantu mengurangi nyeri yang dirasakan penderita sakit punggung.

2. Antidepresan

Beberapa jenis antidepresan seperti duloxetine (Cymbalta) dan antidepresan trisiklik seperti amitriptyline mampu membantu meredakan nyeri punggung kronis. Tentu hal ini bisa menjadi salah satu solusi untuk menangani masalah sakit punggung.

3. Pereda Nyeri Topikal

Pereda nyeri topikal adalah obat pereda nyeri yang dikonsumsi bukan dengan cara diminum, melainkan dengan cara diaplikasikan langsung ke bagian yang merasakan nyeri. Krim, salep, dan koyo adalah contoh pereda nyeri topikal yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi nyeri punggung.

Cara Mencegah Nyeri Punggung

Nyeri punggung merupakan kondisi yang sangat tidak nyaman sehingga kita perlu menghindarinya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari sakit pada punggung, berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Tidur dengan posisi yang benar dan tidur dengan waktu yang cukup.
  • Duduk dengan postur tubuh yang baik.
  • Olahraga dengan rutin.
  • Lakukan yoga untuk meningkatkan kelenturan tulang belakang.
  • Jaga pola makan yang sehat dan lengkapi kebutuhan vitamin D agar tulang tetap sehat.
  • Lakukan peregangan di sela-sela rutinitas.

Nah, itulah dia pembahasan lengkap mengenai nyeri punggung. Kondisi ini merupakan sebuah kondisi yang membuat kita tidak nyaman dan kesulitan untuk melakukan kegiatan sehari-hari sehingga kita harus melakukan berbagai cara pencegahan.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *