‍Hikmah Malam: Muda Kejar Harta Mengorbankan Kesehatan, Tuanya Mengorbankan Harta Untuk Kembali Sehat

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Ketika seseorang mulai mencapai usia 40 tahun, hakikatnya dia tidak lagi muda. Dia pun telah mencapai puncak karir dimana Allah telah memberikan kepadanya berbagai kenikmatan dunia.

Dia telah memiliki rumah yang menenteramkan, kendaraan yang nyaman, penghasilan yang stabil, pangkat yang tinggi, dan seterusnya. Hendaknya dia mulai banyak-banyak bersyukur. Allah berfirman,

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, “Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai…” (QS. Al-Ahqaf: 15)

Walaupun kebanyakan orang menganggap masih usia produktif, harusnya disadari bahwa pada usia 40 tahun dia telah menghabiskan dua per tiga kehidupannya. Mestinya pada sepertiga yang tersisa dia mulai mengurangi aktivitas dunia dan mulai memprioritaskan untuk bekal kehidupan akhirat.

Secara medis pun, pada kisaran usia tersebut umumnya disarankan untuk tidak lagi bekerja terlalu keras, tidak lagi ngotot dan ngoyo, tidak lagi lembur begadang seperti ketika muda dulu. Di usia-usia menjelang tua tersebut hendaknya lebih memperhatikan kesehatan fisik dan mental.

Jangan sampai pada usia tersebut, dia mengorbankan kesehatannya demi harta yang tak pernah membuat puas, lalu ketika benar-benar tua nanti akhirnya dia terpaksa menghabiskan hartanya demi kesehatan yang sudah hilang.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *