Apa Itu Purin? Zat Yang Harus Dihindari Oleh Penderita Asam Urat

Apa Itu Purin?
purine food
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Di dalam tubuh manusia, purin dapat dibagi menjadi dua kategori:

1. Purin Endogen

Sekitar 2/3 purin di dalam tubuh manusia bersifat endogen. Purin satu ini diproduksi oleh tubuh manusia dan ditemukan di dalam sel manusia secara alami. Sel-sel tubuh selalu mati dan diperbarui secara otomatis. Nah, purin endogen dari sel yang rusak, sekarat, atau mati harus diproses ulang oleh tubuh.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

2. Purin Eksogen

Purin yang masuk ke tubuh melalui makanan disebut purin eksogen. Purin ini dimetabolisme oleh tubuh sebagai bagian dari proses pencernaan.

Saat purin endogen dan eksogen diproses di dalam tubuh, keduanya menciptakan produk sampingan yang disebut asam urat. Biasanya, sekitar 90 persen asam urat diserap kembali ke dalam tubuh dan sisanya dikeluarkan melalui urin dan feses.

Batasi Makanan Tinggi Purin

Membatasi konsumsi makanan tinggi purin, seperti daging, jeroan, dan berbagai jenis sayuran dan kacang-kacangan yang mengandung purin perlu dilakukan, terutama bagi penderita kadar asam urat tinggi.

Pasalnya hal tersebut berpeluang meningkatkan metabolisme purin di dalam tubuh yang menghasilkan kadar asam urat berlebih di dalam darah.

Hal ini dikarenakan tubuh telah menyediakan 85% senyawa purin untuk kebutuhan tubuh, sedangkan dari makanan hanya diperlukan 15% saja.

Dalam sebuah penelitian juga menunjukkan besarnya pengaruh asupan purin terhadap kadar asam urat pada responden yang diteliti. Jadi, semakin tinggi asupan purin maka akan semakin tinggi pula kadar asam urat.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *