10 Cara Membersihkan Paru-Paru Perokok Secara Alami

Membersihkan Paru-Paru Perokok
Paru-Paru Perokok
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Sebuah studi tahun 2020 yang dimuat dalam National Library of Medicine oleh Ching-Wen Wu, dkk. dari University of California, penelitian pada hewan menemukan bahwa paparan udara yang disaring bisa menurunkan produksi lendir di paru-paru.

Lendir itulah yang bisa menyumbat saluran udara kecil sehingga mempersulit masuknya oksigen.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

  1. Minum Cairan Hangat

Menurut American Lung Association, tetap terhidrasi juga berperan penting dalam kesehatan paru-paru.

Minum 64 ons air per hari (delapan cangkir berukuran 8 ons) bisa menjaga lendir di paru-paru tetap encer. Dengan begitu, lendir akan lebih mudah dikeluarkan saat batuk.

Minumlah minuman hangat, seperti teh, kaldu, atau bahkan air panas saja, karena hal itu bisa menyebabkan penipisan lendir yang memudahkannya untuk dikeluarkan dari saluran napas.

  1. Batuk

Dilansir laman Healthline, menurut Dr. Keith Mortman, direktur bedah toraks di George Washington Medical College Associates di Washington, D.C., bahwa seorang perokok kemungkinan besar punya banyak lendir yang menumpuk di paru-parunya.

Batuk berperan untuk membantu tubuh membuang lendir berlebih, dengan membuka penyumbatan saluran udara kecil, sekaligus membukanya untuk memperoleh oksigen.

  1. Hindari Jadi Perokok Pasif

Tidak hanya dengan berhenti merokok, pastikan juga kamu tidak menghirup asap rokok orang lain.

Kombinasi asap yang keluar dari puntung rokok, ditambah asap yang keluar dari mulut perokok mengandung ratusan bahan kimia beracun. Sehingga, menghirupnya bisa menyebabkan banyak penyakit mulai dari kanker paru-paru hingga stroke.

Berhenti menjadi perokok aktif dan menghindri menjadi perokok pasif, keduanya merupakan cara terpenting untuk membersihkan paru-paru perokok.

  1. Mencegah Infeksi

Mencegah infeksi dengan melindungi paru-paru dari bahaya lebih lanjut bisa dilakukan dengan sering mencuci tangan, menghindari kontak dengan siapa pun yang terkena penyakit pilek, serta mendapatkan vaksin flu dan pneumonia.

Kerusakan Paru-Paru Akibat Merokok

Dilansir dari laman WebMD, merokok menyebabkan penyakit yang menyebabkan kerusakan jangka panjang pada paru-paru, yakni emfisema dan bronkitis kronis.

Kedua jenis penyakit itu dikenal sebagai penyakit PPOK. Pada emfisema, kantung udara kecil yang memiliki fungsi untuk menukar oksigen dihancurkan. Sementara, pada penyakit bronkitis kronis, ada peradangan pada saluran napas yang menuju ke kantung udara.

Sejatinya, dalam beberapa situasi paru-paru bisa sangat baik dalam membersihkan maupun memperbaiki dirinya sendiri. Namun bagi perokok, dibutuhkan upaya yang lebih intens untuk membersihkan paru-paru.

Bagi kalian yang baru saja berhenti merokok, selamat artinya kamu baru saja mengambil langkah penting untuk mengendalikan kesehatan paru-paru milikmu.

Artinya, semakin dini kamu berhenti merokok, maka semakin besar peluang untuk memperbaiki paru-paru dari berbagai kerusakan.

Semoga informasi tentang cara membersihkan paru paru perokok tadi bermanfaat dan kamu bisa hidup lebih sehat!

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *