9 Makanan Yang Menyehatkan Otak dan Akan Membantu Anda Agar Tidak Cepat Lupa

makanan yang menyehatkan otak
Kacang-kacangan
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Agar tetap sehat dan meningkatkan daya ingat, berpikir, dan konsentrasi, organ vital seperti otak harus dirawat dengan baik. Salah satu pilihannya adalah mengonsumsi makanan yang menyehatkan otak.

Menurut situs Healthline, kesehatan otak tidak hanya memengaruhi kemampuannya, tapi juga memengaruhi sejumlah bagian tubuh lainnya. Sebab otak merupakan pusat kendali organ-organ tersebut.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Misalnya, memastikan jantung Anda berdetak, paru-paru Anda bernapas, dan organ-organ lain yang memungkinkan Anda merasakan dan bergerak.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda menjaga kesehatan otak, termasuk dengan mengonsumsi makanan tertentu yang dapat membantu menjaga fungsi otak tetap prima. Lalu makanan apa saja yang bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan kapasitas memori otak Anda? Simak uraiannya di bawah ini.

Makanan untuk Kesehatan Otak

Ada sejumlah makanan yang dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan otak, berikut beberapa di antaranya:

  1. Ikan Berlemak

Jenis ikan berlemak yang baik untuk kesehatan otak, seperti salmon, tuna albakora, sarden, herring, dan trout. Kesemuanya merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik untuk otak dan jantung.

Omega-3 bermanfaat untuk membangun sel-sel otak dan saraf. Lemak sehat ini juga berperan penting dalam mempertajam daya ingat serta memori. Selain itu, omega-3 bisa melindungi otak dari penurunan kognitif dan bantu cegah penyakit Alzheimer.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan ikan secara teratur memiliki materi abu-abu yang lebih banyak di otak mereka. Materi abu-abu terdiri dari sebagian besar sel saraf yang mengontrol memori, emosi, hingga pengambilan keputusan.

  1. Brokoli

Brokoli termasuk sayuran yang bagus dan menyehatkan otak. Sayuran ini mengandung senyawa bersifat antioksidan dan antiinflamasi yang bantu melindungi otak dari kerusakan.

Tak hanya itu, brokoli menyimpan vitamin K yang sangat tinggi. Sejumlah penelitian yang melibatkan orang lansia mengaitkan asupan vitamin K yang lebih tinggi mempengaruhi daya ingat dan status kognitif yang lebih baik.

  1. Telur

Telur kaya akan beberapa nutrisi yang menjaga kesehatan otak, seperti vitamin B6 dan B12, folat, serta kolin. Adapun kolin merupakan mikronutrien penting untuk produksi asetilkolin yang bantu mengatur suasana hati, meningkatkan memori, serta perkembangan otak.

Masih banyak orang tidak mendapatkan cukup kolin pada makanan harian mereka. Padahal, asupan kolin yang bagi rata-rata wanita adalah 425 mg per hari dan 550 mg per hari untuk pria. Dengan konsumsi satu kuning telur, seseorang bisa mencukupi 112 mg asupan kolin harian.

Vitamin B dalam telur juga berperan dalam menyehatkan otak, seperti dapat bantu rendahkan gangguan psikologis pada lansia dengan menurunkan kadar homosistein yang dikaitkan pada demensia dan penyakit Alzheimer.

  1. Kacang-kacangan

Sejumlah nutrisi dalam kacang-kacangan, seperti lemak sehat dan vitamin E dapat meningkatkan kemampuan otak. Kacang juga disebutkan dapat menaikkan kesehatan jantung.

Penelitian di tahun 2014 menemukan bahwa wanita yang makan kacang secara teratur dalam beberapa tahun memiliki ingatan yang lebih tajam daripada mereka yang tidak. Pada lansia, konsumsi kacang-kacangan secara teratur bisa merendahkan risiko penurunan kognitif.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *