Kultum 292: Ilmu dalam Al-Qur’an Bukan Teori atau Hipotesis

Ilmu dalam Al-Qur’an
Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Di dalam ayat ini ditunjukkan bahwa air adalah asal mula segala kehidupan. Semua makhluk hidup terbuat dari sel. Kita sekarang tahu bahwa sel sebagian besar terdiri dari air. 80% dari sitoplasma dari sel hewan standar digambarkan sebagai air dalam buku pelajaran biologi. Fakta bahwa makhluk hidup sebagian besar terdiri dari air ditemukan hanya setelah penemuan mikroskop. Di gurun Arabia, sesuatu yang pasti yang bisa ditebak seseorang adalah bahwa semua kehidupan berasal dari air.

Demikian juga fakta ilmiah tentang asal usul besi. Besi adalah sesuatu yang tidak alami bagi bumi. Artinya, besi itu tidak terbentuk di bumi tetapi turun ke bumi dari luar angkasa. Ini mungkin terdengar aneh tapi itu benar. Ilmuwan menemukan bahwa miliaran tahun yang lalu bumi terjebak oleh meteorit. Meteorit ini membawa besi dari bintang yang meledak. Al-Qur’an menyebutkan asal usul besi, Allah Subhanahu wata’ala berfirman,

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

لَقَدْ اَرْسَلْنَا رُسُلَنَا بِالْبَيِّنٰتِ وَاَنْزَلْنَا

مَعَهُمُ الْكِتٰبَ وَالْمِيْزَانَ لِيَقُوْمَ النَّاسُ

بِالْقِسْطِۚ وَاَنْزَلْنَا الْحَدِيْدَ فِيْهِ بَأْسٌ

شَدِيْدٌ وَّمَنَافِعُ لِلنَّاسِ وَلِيَعْلَمَ اللّٰهُ

مَنْ يَّنْصُرُهٗ وَرُسُلَهٗ بِالْغَيْبِۗ

اِنَّ اللّٰهَ قَوِيٌّ عَزِيْزٌ ࣖ

Sungguh, Kami telah mengutus rasul-rasul Kami dengan bukti-bukti yang nyata dan kami turunkan bersama mereka kitab dan neraca (keadilan) agar manusia dapat berlaku adil. Dan Kami turunkan besi yang mempunyai kekuatan hebat dan banyak manfaat bagi manusia, dan agar Allah mengetahui siapa yang menolong (agama)-Nya dan rasul-rasul-Nya walaupun (Allah) tidak dilihatnya. Sesungguhnya Allah Mahakuat, Mahaperkasa (QS. Al-Hadid, ayat 25).

Dalam ayat tersebut, Allah menggunakan kata ‘diturunkan’ untuk besi. Jelas dari ayat tersebut bahwa besi bukanlah bahan duniawi, tetapi diturunkan untuk kemaslahatan umat manusia. Fakta bahwa besi turun ke bumi dari luar angkasa adalah sesuatu yang tidak dapat diketahui oleh ilmu pengetahuan primitif pada jaman Nabi Muhammad. Allahu ya’lam.

Semoga yang kita baca ini bermanfaat bagi kita semua dan kalau sekiranya bisa memberi manfaat bagi yang lain, mari kita share kultum ini kepada sanak saudara dan handai taulan serta sahabat semuanya, semoga menjadi jariyah kita semua, aamiin.

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sumber : Ahmad Idris Adh.                                    —ooOoo—

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *