11 Gejala Umum Kolesterol Tinggi dan Cara Mengobatinya

Gejala Umum Kolesterol Tinggi
ilustrasi: Kolesterol Tinggi
banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



banner 678x960

banner 400x400

Hajinews.co.idKolesterol adalah zat yang terdapat dalam darah Anda. Tubuh Anda membutuhkan kolesterol untuk membuat sel-sel sehat, namun kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Menurut Mayo Clinic, kolesterol tinggi bisa berbahaya karena bisa menimbulkan timbunan lemak di pembuluh darah. Seiring waktu, endapan ini menumpuk dan menyulitkan darah mengalir dengan baik melalui arteri Anda. Terkadang endapan ini tiba-tiba pecah dan membentuk gumpalan darah yang dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Bacaan Lainnya


Kolesterol tinggi dapat diturunkan, namun seringkali merupakan akibat dari gaya hidup yang tidak sehat sehingga dapat dicegah dan diobati.

Pola makan yang sehat, olahraga teratur, dan terkadang pengobatan dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi.

Gejala Kolesterol Tinggi yang Wajib Diwaspadai

Melansir laman Kemkes.go.id, kolesterol tinggi tidak memiliki gejala khas sehingga banyak orang yang tidak menyadarinya. Biasanya, gejala kolesterol tinggi baru dirasakan saat sumbatan (plak) sudah terbentuk di pembuluh darah, yang akhirnya menyebabkan berbagai komplikasi serius.

Berikut adalah beberapa gejala kolesterol tinggi :

  1. Kram

Gejala kolesterol tinggi juga bisa berupa kram di beberapa bagian tubuh pada malam hari saat terbangun dari tidur. Kram terjadi pada tumit, telapak kaki, dan lainnya. Rasa nyeri itu akan hilang saat tubuh digerakkan.

  1. Dada Terasa Nyeri

Dada yang terasa nyeri bisa menjadi tanda dari komplikasi kolesterol tinggi. Kondisi ini terjadi akibat adanya plak di dinding arteri, sehingga jantung tidak mendapatkan pasokan darah yang memadai.

  1. Disfungsi Ereksi

Plak yang terbentuk akibat kolesterol tinggi tidak hanya membuat dada terasa nyeri, tetapi juga menyebabkan disfungsi ereksi. Kondisi ini terjadi akibat aliran darah yang menuju ke penis terhambat oleh plak tersebut.

  1. Xanthoma

Xanthoma adalah kelainan kulit yang ditandai dengan penumpukan lemak sehingga membentuk benjolan-benjolan kecil (papula). Kondisi ini bisa muncul di bagian tubuh mana pun, tetapi lebih sering di persendian, khususnya lutut dan siku.

Selain akibat kadar kolesterol yang tinggi, xanthoma juga bisa disebabkan oleh kondisi lain, seperti diabetes, hipotiroidisme, kolestasis, sindrom nefrotik, dan penyakit hematologi.

  1. Mudah Mengantuk

Seringnya menguap terjadi akibat pasokan oksigen ke otak berkurang. Kalau frekuensi menguap sudah tidak wajar, Anda patut curiga karena bisa jadi, hal itu disebabkan menumpuknya kolesterol yang tinggi sehingga pasokan oksigen menuju otak tidak optimal.

  1. Kesemutan

Sering merasakan kesemutan pada kaki, tangan, atau bagian tubuh tertentu merupakan salah satu gejala aliran darah tidak lancar. Akibatnya, ada syaraf yang tidak mendapat pasokan darah yang optimal. Secara umum, penyebab aliran darah tidak lancar disebabkan oleh kolesterol.

  1. Pegal pada Tengkuk atau Pundak

Tengkuk atau pundak terasa pegal? Ada kemungkinan hal itu terjadi karena kurangnya suplai oksigen serta darah ke daerah tersebut akibat penumpukan kolesterol. Segera atasi agar tidak berkelanjutan.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar