Kultum 369: Hari Ini Penduduk Bumi 8 Milyar (1)

Hari Ini Penduduk Bumi 8 Milyar
Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Berdasarkan dua ayat di atas itu pula, kita sebagai umat Muslim tentu harus selalu berusaha memperbaiki diri dalam berbagai hal. Tentu saja terutama dalam meningkatkan taqwa kepada Allah Subhanahu wata’ala. Kita juga dianjurkan untuk selalu menyibukkan diri dengan melakukan perbaikan-perbaikan dalam hidup. Perbaikan akhlak itu dilakukan agar kita terus beribadah untuk mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wata’ala.

Imam al-Ghazali berpesan, “Jadilah kamu salah satu di antara dua orang berikut, (1) Menjadi orang yang sibuk memperbaiki diri sendiri, (2) Menjadi orang yang sibuk memperbaiki orang lain setelah memperbaiki diri sendiri. Jangan sampai kamu sibuk memperbaiki orang lain, sebelum memperbaiki dirimu sendiri. Kalau kamu bisa sibuk memperbaiki diri sendiri, maka jangan disibukkan kecuali dengan ilmu yang wajib kamu pelajari sesuai kondisimu dan juga segala hal yang terkait dengan amal dhohirmu seperti belajar sholat, bersuci dan puasa”.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Imam al-Ghazali juga berpesan bahwa “yang paling penting yang sering dilupakan orang adalah belajar ilmu tentang sifat-sifat hati, apa yang terpuji dan apa yang tercela”. Kita sebagai manusia ini seringkali mengeluarkan sifat-sifat hati yang belum sempurna. Artinya, kita kadang memuji diri, padahal diri belum terpuji. Kita juga kadang mencela orang lain, padah diri kita mungkin lebih pantas dicela.

Beberapa hal tersebut disampaikan Imam Al-Ghazali dalam Kitab yang sangat terkenal yaitu, “Ihya Ulumiddin” (1 /39). Semoga kita dan seluruh keluarga kita selalu bertakwa kepada Allah, selalu berakhlak baik, selalu berbuat baik, selalu bertambah baik. Dan yang lebih penting lagi, kita harus selalau berusaha meningkatkan akhlak kita dan meningkatkan rasa takwa kita terhadap Allah Subhanahu wata’ala. Allahu ya’lam.

Semoga sedikit yang kita baca ini membuat kita bersyukur atas hidayah Allah Subhanahu wata’ala, dan kalau sekiranya bisa memberi manfaat bagi yang lain, mari kita share kultum ini kepada sanak saudara dan handai taulan serta sahabat semuanya, semoga menjadi jariyah kita semua, aamiin.

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sumber : Ahmad Idris Adh.                                    —ooOoo—

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar