Hikmah Malam: Mengapa Nabi Isa Diutus Ke Bumi Untuk Melawan Dajjal?

Nabi Isa Diutus Ke Bumi Untuk Melawan Dajjal
Nabi Isa Diutus Ke Bumi Untuk Melawan Dajjal
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idSalah satu tanda kiamat adalah turunnya Nabi Isa as. Allah mengutus Nabi Isa ke bumi untuk membunuh Dajjal.

Mengutip dari buku “Ensiklopedia Kiamat ” karya TIM GIP yang menceritakan tentang turunnya Nabi Isa dengan tujuan menghancurkan Dajjal dari bumi ketika hari kiamat tiba.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Abu Hurairah RA meriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda, “Ketika mempersiapkan diri untuk berperang, kaum muslim meluruskan saf pada saat iqamah dikumandangkan, turunlah Isa bin Maryam.”

Terdapat riwayat lain disebutkan tentangnya misi turunnya Nabi Isa AS ke muka bumi kelak, Mujammi bin Jariyah RA meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Ibnu Maryam (Putra Maryam) akan membunuh Dajjal di gerbang Ludd (Bab Ludd).” (HR Tirmidzi)

Namun, kenapa Allah SWT memilih Nabi Isa AS dari sekian banyaknya nabi untuk membunuh Dajjal?

3 Alasan Nabi Isa AS Diutus untuk Membunuh Dajjal

Alasan mengapa Nabi Isa AS yang diutus untuk membunuh Dajjal, hanyalah Allah SWT yang tahu. Namun, apabila ditelusuri lagi, ada beberapa ayat dalam Al-qur’an yang dapat menjelaskan dengan beberapa alasan yang mendasarinya.

Imam Syamsuddin Al-Qurthubi dalam kitab At-Tadzkirah Jilid 2: Bekal Menghadapi Kehidupan Abadi terjemahan H. Anshori Umar Sitanggal menjelaskan tiga alasan yang telah diterangkan dalam Al-Qur’an tentang mengapa Allah SWT mengutus Nabi Isa AS untuk membasmi Dajjal di muka bumi.

  1. Pembuktian pada Kaum Yahudi

Alasan pertama mengapa Nabi Isa AS diutus Allah SWT untuk membunuh Dajjal disebut sebagai pembuktian pada kaum Yahudi yang berkeyakinan Nabi Isa AS sudah terbunuh. Hal ini sesuai dengan Al-Qur’an surah An-Nisa ayat 159,

وَاِنْ مِّنْ اَهْلِ الْكِتٰبِ اِلَّا لَيُؤْمِنَنَّ بِهٖ قَبْلَ مَوْتِهٖ ۚوَيَوْمَ الْقِيٰمَةِ يَكُوْنُ عَلَيْهِمْ شَهِيْدًاۚ ١٥٩

Artinya: “Tidak ada seorangpun di antara Ahlul Kitab, kecuali beriman kepadanya (Isa) menjelang kematiannya. Pada hari Kiamat dia (Isa) akan menjadi saksi mereka.”

Hal ini menyanggah tuduhan bahwa Nabi Isa AS telah wafat sebab disalib oleh kaum Yahudi. Sementara itu, Allah SWT menegaskan dalam firman-Nya bahwa Nabi Isa AS telah diangkat ke langit sebelum kaum Yahudi membunuhnya.

Kaum Yahudi yang ditakdirkan oleh Allah SWT tidak akan pernah menang melawan Islam pun akan bernasib demikian sampai menjelang hari kiamat. Hingga, muncullah Dajjal dengan tipu dayanya dan membuat kaum tersebut membai’atnya.

Kaum Yahudi menjadikan Dajjal sebagai pemimpin mereka. Bahkan, mereka akan menjadi bala tentara Dajjal demi membalas dendam terhadap kaum muslimin.

Pada saat itulah, Nabi Isa AS turun ke bumi atas izin Allah SWT. Nabi Isa AS akan membunuh Dajjal beserta bala tentaranya yaitu Kaum Yahudi yang berpikir telah menyalib Nabi Isa AS di masa lalu. Dengan pertolongan Allah SWT, Nabi Isa AS akan menumpas habis Dajjal dari muka bumi.

Turunnya Nabi Isa AS juga bertepatan dengan munculnya Dajjal di muka bumi yang telah menyebar fitnah keji dan mengaku sebagai Tuhan. Hingga, tidak ada seorang pun dari kaum muslimin yang sanggup melawannya, kecuali Nabi Isa AS.

Maka, tidak ada satupun dari mereka yang dapat lolos. Bahkan, apabila ada Yahudi yang bersembunyi di balik pohon, batu atau dinding, maka benda tersebut akan berbicara, “Ya Ruh Allah, di sini ada orang Yahudi!” Nabi Isa AS kemudian menangkapnya dan membunuhnya.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *