Anies dan Politik Etis

Anies dan Politik Etis
Anies baswedan


banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh Yusuf Blegur

Hajinews.co.id – Sekedar panggung politik tidak harus mengubah Anies dari seorang negarawan menjadi seorang politisi semata. Anies akan menjadi sesuatu dan bernilai sebagai apapun meski tak berada dalam lingkar kekuasaan.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Banyak yang bertanya, apa langkah politik Anies selanjutnya usai pilpres 2024?. Seperti yang publik ketahui, Anies dikalahkan oleh kekuasaan dengan cara-cara kecurangan dan kejahatan dalam pilpres 2024. Siapa yang dimaksud kekuasaan?. Kekuasaan disini oleh rakyat disebut sebagai pemerintah, dalam hal ini presiden, para menteri, gubernur dan PJ gubernur, semua bupati-walikota dan PJ bupati-walikota hingga kepala desa ikut terlibat memenangkan paslon tertentu. Bahkan mulai dari DPR, KPU-Bawaslu hingga Mahkamah Konstitusi tak luput berkontribusi menjadikan pemilu 2024 sebagai pemilu paling rusak dan tak bermartabat. Semua intitusi negara telah menjadi alat kekuasaan dan aparaturnya mengambil posisi seba garda terdepan.

Anies sebagai seorang pemimpin yang bijaksana seperti sedang berhadapan dengan negaranya sendiri. Distorsi kekuasaan yang dilakukan pemerintah tak ubahnya merepresentasikan kumpulan para mafia dan sindikat profesional. Segala macam intrik, fitnah dan teror serta upaya penjegalan yang mengarah pada kriminalisasi demi mengeliminasi Anies pada kontestasi pilpres 2024. Membuat Anies bergeming, tidak reaksioner, tidak dendam dan tidak menganggap penjahar-penjahat demokrasi dan konstitusi itu sebagai musuhnya.

Sungguh luar biasa bagaimana Anies mengelola emosinya. Bagaimana Anies membuat menejemen resiko dari tantangan dan dinamika pilpres yang diikutinya. Bagaimana Anies dihina, direndahkan sampai harus disingkirkan oleh kekuasaan dengan cara-cara yang keji dan dzolim dari apa yang menjadi hak konstitusinya dalam pilpres 2024. Anies memang menakjubkan, tetap mengedepankan ahlaknya betapapun ia diterpa ketidakadilan. Sopan-santun, tenang dan setia mengumbar senyum, menjadi respon abadi meski Anies kerap menghadapi tekanan hebat dari rezim sekalipun.

Dari saat kampanye, perhitungan suara di KPU, hingga kehadirannya dalam sidang perselisihan sengketa pemilu dan pengumuman hasilnya di MK, terlihat kesabaran dan jiwa besar senantiasa mengemuka di raut wajahnya. Anies sepert tak sedang mengalami kekalahan pilpres, Anies justru merasa telah memenangkan pesta demokrasi yang sesungguhnya. Anies telah meletakkan mahkota juara pilpres 2024 di kepalanya. Anies telah mengangkat medali emas dari substansi dan esensi demokrasi sejati. Perhelatan pesta kedaulatan rakyat itu, tak sedikitpun terlihat dari sikap dan mentalitas Anies menanggalkan prinsip-prinsip kejujuran dan kebenaran sebagai acuannya. Pesan moral itulah yang telah ditangkap dan dimenangkan seorang Anies Baswedan. Pemimpin dengan kehormatan dan keberadaban seorang negarawan.

Proyeksi Politik Pasca Pilpres

Ketenangan Anies menyikapi konspirasi dan manipulasi dalam pilpres 2024 yang mengeliminasinya. Membuat Anies tetap menjaga kepribadian dan karakternya. Anies tidak sedikpun gusar, mengumpat-umpat dan meledak-ledak memuntahkan amarahnya seperti kebanyakan perangai politisi saat kecewa tidak mendapatkan apa yang menjadi ambisinya. Anies memiliki ketinggian spiritual ketika tidak bisa menerima sesuatu yang diinginkannya dan bisa menerima apa yang tidak diinginkannya.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *