Hikmah Malam: 5 Penyebab Lancarnya Rezeki, Salah Satunya Banyak Sedekah

Penyebab Lancarnya Rezeki
Sedekah
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idSetiap umat Islam berharap rezekinya selalu dilimpahkan oleh Allah SWT. Ternyata ada beberapa penyebab untuk membuka pintu rezeki selebar-lebarnya.

Demikianlah Allah mengatur rezeki dan penghidupan manusia. Sebagaimana tercantum dalam surat Hud ayat 6:

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

۞ وَمَا مِن دَآبَّةٍ فِى ٱلْأَرْضِ إِلَّا عَلَى ٱللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۚ كُلٌّ فِى كِتَٰبٍ مُّبِينٍ

Artinya: “Tidak satupun hewan yang bergerak di atas bumi melainkan dijamin rezekinya oleh Allah. Dia mengetahui tempat kediamannya dan tempat penyimpanannya. Semua (tertulis) dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuz).”

Meskipun demikian, manusia harus senantiasa berdoa dan berikhtiar untuk menggapai rezeki tersebut. Hal ini dijelaskan dalam surah An Najm ayat 39-41 yang berbunyi,

(39) وَأَن لَّيْسَ لِلْإِنسَٰنِ إِلَّا مَا سَعَىٰ

(40) وَأَنَّ سَعْيَهُۥ سَوْفَ يُرَىٰ

(41) ثُمَّ يُجْزَىٰهُ ٱلْجَزَآءَ ٱلْأَوْفَىٰ

Artinya: “Bahwa manusia hanya memperoleh apa yang telah diusahakannya, bahwa sesungguhnya usahanya itu kelak akan diperlihatkan (kepadanya), kemudian dia akan diberi balasan atas (amalnya) itu dengan balasan yang paling sempurna.”

5 Penyebab Rezeki Dilancarkan oleh Allah SWT

  1. Salat Tahajud

Penyebab rezeki dilancarkan adalah mengamalkan salat malam, terutama salat tahajud. Salat tahajud termasuk salat yang dikerjakan pada sepertiga malam yang harus didahului dengan tidur.

Menurut Ustaz Syauqi Abdillah Zein dalam buku Jurus-Jurus Langit Pengguyur Rezeki, tak mudah untuk melaksanakan salat malam. Namun, inilah alasan salat tahajud menjadi penyebab rezeki dilancarkan.

Ketika orang lain terlelap, banyak orang yang mampu membuka gerbang langit dan mengetuk pintu kemuliaan Allah SWT di malam hari. Jika kita bangun malam untuk melaksanakan salat tahajud, dengan hati ikhlas, tubuh suci dari hadas, lalu memohon kepada-Nya, mereka termasuk orang yang beruntung dan akan dimudahkan dalam mencari rezeki Allah SWT.

Hal ini sebagaimana sebuah riwayat dari Jabir RA, ia berkata Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya, di malam hari, ada satu saat yang ketika seorang muslim meminta kebaikan dunia dan akhirat pasti Allah memberinya, hal itu berlangsung setiap malam.” (HR Muslim)

  1. Memperbanyak Istigfar

Dikutip dari buku Mempercepat Datangnya Rezeki Dengan Ibadah Ringan karya Mukhlis Allyudin dan Enjang AS, bahwa memperbanyak istighfar dan tobat menjadi penyebab dilancarkannya rezeki.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, “Barangsiapa yang memperbanyak mohon ampunan kepada Allah, maka Allah akan membebaskannya dari kesulitan, memberinya jalan keluar dari kesempitan, dan memberinya rezeki dari arah yang tidak diduga-duganya.” (HR Abu Dawud)

Pada bukunya yang berjudul The Secret of Istigfar: Rahasia Dikejar-kejar Rezeki dengan Keajaiban 100 Kali Istigfar, Ahmad E. Joemadi menyarankan kita untuk beristigfar minimal 100 kali sehari agar dilancarkan rezekinya.

Hal tersebut sesuai tuntunan Rasulullah SAW dalam hadits yang berbunyi, “Sesungguhnya aku (Rasulullah SAW) memohon ampun (istigfar) kepada Allah SWT, dan bertobat kepada-Nya dalam sehari 100 kali.” (HR Ibnu Majah)

Hal tersebut juga diterangkan dalam Al-Qur’an surah Nuh ayat 10-12 yang berbunyi,

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوْا رَبَّكُمْ اِنَّهٗ كَانَ غَفَّارًاۙ ١٠

يُّرْسِلِ السَّمَاۤءَ عَلَيْكُمْ مِّدْرَارًاۙ ١١

وَّيُمْدِدْكُمْ بِاَمْوَالٍ وَّبَنِيْنَ وَيَجْعَلْ لَّكُمْ جَنّٰتٍ وَّيَجْعَلْ لَّكُمْ اَنْهٰرًاۗ ١٢

Artinya: “Lalu, aku berkata (kepada mereka), ‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu. Sesungguhnya Dia Maha Pengampun. (Jika kamu memohon ampun), niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu, memperbanyak harta dan anak-anakmu, serta mengadakan kebun-kebun dan sungai-sungai untukmu’.”

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *