Hikmah Pagi: Doa Melihat Kakbah Dengan Artinya

Doa Melihat Kakbah
Doa Melihat Kakbah


banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Doa melihat Kakbah ini penting bagi umat Islam, khususnya jemaah haji dan umrah yang beribadah ke tanah suci.

Berdoa di sekitar Kakbah dan Masjidil Haram juga merupakan doa yang sangat mujarab. Allah subhanahu wa ta’ala akan mengabulkan doa kita jika kita hanya memandang Kakbah.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dalam kitabnya Al-Idhah fi Manasikil Hajji, Imam An-Nawawi menyebutkan tentang doa yang dianjurkan dilakukan sambil melihat Kakbah. Seseorang yang melihat Kakbah dianjurkan untuk membaca doa ini:

اللَّهُمَّ زِدْ هَذَا الْبَيْتَ تَشْرِيفًا وَتَعْظِيمًا وَتَكْرِيمًا وَمَهَابَةً، وَزِدْ مَنْ شَرّفَهُ وَكَرّمَهُ مِمَّنْ حَجَّهُ أَوِاعْتَمَرَهُ تَشْرِيفًا وَتَكْرِيمًا وَتَعْظِيمًا وَبِرًّا

Artinya: “Ya Allah, tambahkan kemuliaan, keagungan, kehormatan, dan kehebatan pada Baitullah ini. Tambahkan juga kemuliaan, kehormatan, keagungan, dan kebaikan untuk orang-orang yang berhaji atau berumrah yang memuliakan dan menghormati Ka’bah.”

Doa tersebut dibaca setelah doa yang pernah dibacakan oleh seorang ulama tabi’in, yakni Saíd bin al-Musayyib rahimahullah sesuai Atsar riwayat Ibnu Abi Syaibah di al-Mushonnaf 7/102 dan al-Baihaqi di As-Sunan al-Kubro 5/73 dengan sanad yang sahih. Saat masuk ke Masjidil Haram dan melihat Kakbah, maka beliau berkata:

اللهُمَّ أَنْتَ السَّلَامُ وَمِنْكَ السَّلَامُ، فَحَيِّنَا رَبَّنَا بِالسَّلَامِ

“Ya Allah sesungguhnya Engkau adalah As-Salaam (Yang Maha Suci/selamat dari segala aib dan kekurangan), dan dari-Mu keselamatan, maka sambutlah kami wahai Rabb kami dengan keselamatan.”

Doa melihat Kakbah tak berhenti sampai di sana. Imam An-Nawawi juga menganjurkan orang yang melihat Kakbah untuk memanjatkan doa apa saja, sekalipun itu berkaitan dengan kepentingan dunia dan akhirat mereka. Sebab, pintu langit terbuka bagi orang yang sedang melihat Kakbah. Namun, hal yang paling utama dari semuanya adalah mohonlah ampunan Allah Swt atau beristigfar setelah membaca doa-doa di atas.

Wallahu a’lam.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *