Buah Melinjo Bisa Cegah Covid-19!

Ilustrasi buah melinjo. Foto: Dok Pixabay
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Jakarta, Hajinews.id – Buah melinjo tidak hanya enak dijadikan sayur maupun bahan pembuatan emping yang gurih. Tetapi di balik itu, buah melinjo ternyata berpotensi untuk mencegah virus Corona atau Covid-19.

“Kandungan antikanker di melinjo berpotensi paling besar menyembuhkan kanker paru-paru sehingga melinjo punya potensi sebagai suplemen untuk mencegah Covid-19 yang juga menyerang pernapasan manusia, tapi tentu harus melalui penelitian lebih lanjut,” ujar peneliti sekaligus guru besar Fakultas Pertanian Universitas Jember, Profesor Tri Agus Siswoyo, pekan lalu.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dalam riset terhadap melinjo meraih post doctoral di Gyeongsang National University, Korea Selatan (2019), Tri menemukan kandungan antikanker dalam melinjo.

“Dari penelitian yang saya lakukan, melinjo memiliki kandungan protein dan nonprotein yang banyak mengandung zat antihipertensi, antioksidan, antiperadangan, antikanker yang berguna bagi tubuh manusia,” katanya.

Karena itu, Tri mengembangkan kandungan protein melinjo untuk antihipertensi, yaitu dengan mengisolasi protein melinjo untuk menghasilkan peptida aktif dengan bantuan bakteri yang kemudian dimasukkan ke padi.

“Padi adalah sumber makanan pokok masyarakat Indonesia sehingga diharapkan dengan adanya padi yang mengandung antihipertensi maka penderita darah tinggi yang mengonsumsinya akan sekaligus mengonsumsi obat,” tutur Tri.

Nantinya padi dengan kandungan antihipertensi dari melinjo dikenal sebagai nutraceutical atau makanan sebagai obat dan obat sebagai makanan, meski begitu penelitian lebih lanjut masih diperlukan. (mh)

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *