Hikmah Malam : 10 Amalan Pembuka Pintu Rezeki

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Rezeki adalah sesuatu yang dinantikan hamba dari Tuhannya. Rezeki dapat berupa bermacam-macam, mulai dari kelengkapan anggota badan, kesehatan, sampai kekayaan dan apapun yang baik.

Dilansir dari portaljogja, ada 10 amalan yang dapat dilakukan untuk membuka pintu rezeki:

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

1. Bertakwa kepada Allah SWT 

artinya melakukan perintah Allah dan menjauhkan diri dari perbuatan yang menyebabkan dosa. Bertakwa kepada Allah SWT membuat kita berusaha sekuat tenaga untuk melakkan hal yang akan menyenangkan Allah seperti memperbaiki ibadah, bersedekah dan menjauhi semua kejahatan, baik yang terlihat maupun yang tidak terlihat.

2. Tawakal

Usaha paling utama untuk meraih keberhasilan adalah bagian dari tawakal. Artinya, tawakal adalah percaya kepada Allah dan menyerahkan semua urusan pada kuasa Allah. Bila manusia telah berusaha, yakinlah bahwa Allah akan memberi yang terbaik dari hasil usaha tersebut. Terlepas apakah hasil itu yang kita inginkan atau tidak.

3. Istikomah

Arti dari istikomah adalah tetap berjalan lurus di jalan Islam. Pintu rezeki dari istikomah salah satunya adalah hujan yang turun dari langit. Bila kita sudah hijrah, teruslah berjalan dengan langkah yang benar, jangan melihat ke belakang.

4. Istighfar

Allah Maha Baik, Maha Pemaaf. Bila manusia meminta Ampunan Allah, sesungguhnya Allah akan mengabulkannya. Seperti surat Nuh ayat 10 sampai 12,

“Maka aku katakan kepada mereka: ‘Mohonlah ampun kepada Rabbmu (beristighfarlah), sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.” (QS. Nuh: 10-12)”

Rezeki yang diberikan Allah dengan kita beristigfar bukan hanya untuk diri kita sendiri, namun juga anak-anak kita nantinya.

5. Menjalin hubungan dengan orang tua dan kerabat

Sesama muslim adalah bersaudara. Kata-kata itu dengan mudah menunjukkan bahwa dengan menjalin silaturahmi akan mempermudah datangnya rezeki. Dengan menjalin silaturahmi, Allah juga akan memperpanjang umurnya.

6. Memperbanyak sedekah

Bila kita hendak mendapatkan rezeki dari Allah SWT, kita juga harus ingat bahwa dari harta yang kita miliki ada hak mereka yang membutuhkan. Jangan khawatir harta akan berkurang karena Allah menjamin dalam surat Saba ayat 39 bahwa Allah akan mengganti semua yang kita nafkahkan di jalan Allah. Disebutkan, bersedekah dengan diam-diam itu lebih baik karena lebih ikhlas. Namun bersedekah dengan terang-terangan juga baik karena menjadi pelopor dalam uswatun hasanah, contoh yang baik.

7. Menikah akan membuka pintu rezeki

Menikah adalah anugerah karena diberi kekayaan hati dan ketenangan batin. Dengan menikah, artinya juga telah menjaga diri dari perbuatan zina. Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata,

اِلْتَمِسُوا الغِنَى فِي النِّكَاحِ

“Carilah kaya (hidup berkecukupan) dengan menikah.” (Diriwayatkan dari Ibnu Jarir).

Rezeki yang baik akan datang ketika menikah, seperti doa Rasulullah SAW untuk pasangan yang menikah:

أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم كَانَ إِذَا رَفَّأَ إِنْسَانًا إِذَا تَزَوَّجَ قَالَ بَارَكَ اَللَّهُ لَكَ , وَبَارَكَ عَلَيْكَ , وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْر

Dari Abu Hurairah ra bahwa Nabi Saw bila mendoakan seseorang yang nikah, beliau bersabda, “Semoga Allah memberkahimu dan menetapkan berkah atasmu, serta mengumpulkan engkau berdua dalam kebaikan,”.

8. Salat Dhuha

Salat Dhuha dikenal sebagai shalat yang membuka pintu rezeki dan penghapus dosa. Bahkan Rasululah SAW bersabda,” “Allah Ta’ala berfirman: Wahai anak Adam, janganlah engkau tinggalkan empat rakaat shalat pada awal siang (pada waktu Dhuha) supaya engkau tercukupi pada akhir siang.” (HR. Ahmad, 5:286),

9. Melakukan haji dan umroh

Haji adalah ibadah wajib bagi mereka yang mampu secara finansial dan fisik. Umroh adalah ibadah sunnah yang sangat baik bagi mereka yng memiliki kecukupan harta benda dan kesehatan. Haji dan Umroh menghilangan kemiskinan dapat berarti menghilangkan kemiskinan, kefakiran dalam hati dan mewujudkan kekayaan hati yang sellau merasa cukup.

10. Perbanyak doa

Dengan memperbanyak doa, in syaa Allah keinginan yang kita ingikan akan dikabulkan oleh Allah SWT. Doa dari hadits ‘Ali, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengajarkan doa,

اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa aghniniy bi fadhlika ‘amman siwaak.

Artinya: “Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu.” (HR. Tirmidzi, no. 3563. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan)

Demikian kesepuluh amalan pembuka pintu rezeki yang dapat kita amalkan.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *