Hikmah Pagi : 3 Mandi yang Disunnahkan dalam Islam

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Seperti yang kita ketahui bersama, kebersihan merupakan sebagian dari iman. Maka dari itu, kita sebagai umat muslim haruslah menjaga kebersihan. Salah satunya dengan mandi. Namun tahukah anda apa, ada beberapa mandi yang disunnahkan dalam Islam. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya.

1. Saat hari raya Islam

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Yang dimaksud dari hari raya Islam ini adalah adalah Idul Fitri dan Idul Adha. Dan mandi pada saat tersebut disunnahkan. Sahabat Al Faakih bin Sa’ad RA. pernah berkata:

“Rasulullah SAW biasa mandi di hari Idul Fitri, Idul Adha dan hari Arafah. ”Dan Al Faakih sendiri selalu memerintahkan keluarganya untuk mandi pada hari-hari itu.” (HR. Ibnu Majah no. 1316)

2. Setelah memandikan jenazah

Dari Abu Hurairah RA. Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadistnya:

“Setelah memandikan mayit, maka hendaklah mandi dan setelah memikulnya, hendaklah berwudhu.” (HR. Tirmidzi no. 993. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Dalam lafadz lain dikatakan bahwa:

“Barangsiapa memandikan mayit, maka hendaklah ia mandi. Barangsiapa yang memikulnya, hendaklah ia berwudhu.” (HR. Abu Daud no. 3161. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Jadi bisa disimpulkan bahwasannya, jika anda memandikan mayat yang akan dimakamkan disarankan untuk mandi. Sedangkan apabila memikul dalam mengantar jenazah ke liang kubur, cukuplah dengan berwudhu saja.

3. Saat hari Jum’at

Biasanya dilakukan ketika sebelum melaksanakan ibadah shalat Jum’at pada siang hari. Di mana para wanita tidak punya kewajiban didalamnya. Bahkan dalam hadist Ibnu ‘Umar disebutkan bahwa Nabi SAW. bersabda:

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *