Hikmah Malam : 5 Hal yang Terjadi Ketika Kematian Tiba

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



 

Hajinews.id — Terdapat beberapa peristiwa yang akan terjadi saat kematian berhadapan dengan seorang hamba. Mereka akan mengalami sakaratul maut dan malaikat maut akan mendekat.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dikutip Republika dari buku, Azab dan Nikmat Kubur karya Syaikh Husain bin Audah al Al-Awaisyah, berikut lima hal yang akan terjadi saat kematian tiba.

1. Orang kafir memohon dikembalikan ke dunia

Disampaikan dalam surah al-Muminun ayat 99-100.

حَتّٰٓى اِذَا جَآءَ اَحَدَهُمُ الۡمَوۡتُ قَالَ رَبِّ ارۡجِعُوۡنِۙ لَعَلِّىۡۤ اَعۡمَلُ صَالِحًـا فِيۡمَا تَرَكۡتُ‌ؕ كَلَّا‌ ؕ اِنَّهَا كَلِمَةٌ هُوَ قَآٮِٕلُهَا‌ؕ وَمِنۡ وَّرَآٮِٕهِمۡ بَرۡزَخٌ اِلٰى يَوۡمِ يُبۡعَثُوۡنَ

“(Demikianlah keadaan orang-orang kafir itu), hingga apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka, dia berkata: “Ya Tuhanku kembalikanlah aku (ke dunia)”. Agar aku berbuat amal yang saleh terhadap yang telah aku tinggalkan. Sekali-kali tidak Sesungguhnya itu adalah perkataan yang diucapkannya saja. Dan di hadapan mereka ada barzakh sampai hari mereka dibangkitkan”.

2. Sakratul maut

Diriwayatkan dari Aisyah Radhiyallahu anhuma,

“(Menjelang wafat) di hadapan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam diletakkan satu wadah yang terbuat dari kulit atau wadah terbuat dari kayu (Umar ragu) yang berisikan air. Kemudian beliau memasukkan kedua tangannya ke dalam air dan mengusap wajah dengannya, lalu berkata: ‘La ilaha illallah, sesungguhnya kematian itu dibarengi dengan sakaratul maut’. Setelah itu, beliau mengulurkan tangannya seraya berkata: ‘Fir Rafiqil A’la (di surga tertinggi)’, sampai beliau wafat dan tangannya terkulai.

3. Tidak akan diterima keimanan orang kafir saat kematian tiba

Dari Ibnu Abbas Radhiyallahu anhu, dia menuturkan, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Ketika Firaun ditenggelamkan oleh Allah, dia berkata: ‘Aku beriman bahwa tidak ada ilah yang berhak diibadahi kecuali yang dipercayai Bani Israil, lalu Jibril berkata: ‘Wahai Muhammad seandainya engkau melihatku pada waktu itu; aku mengambil lumpur yang berwarna hitam dari dasar laut lalu aku menjejalkannya ke mulut Firaun. Karena aku khawatir saat itu rahmat-Nya akan mendatanginya, hadist Al Bukhari.

4. Malaikat maut datang di dekat kepala seorang hamba jelang kematian (Hadits al-Bara bin Azib).

5. Malaikat maut memberi kabar gembira untuk orang mukmin

Kabar gembira itu berupa ampunan dan karunia-Nya. Malaikat maut juga menyampaikan kabar buruk kepada orang kafir berupa kebencian dan murka Allah.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *