Hikmah Pagi : 3 Amalan yang Dijamin Masuk Surga

Cara mudah meraih surga
Ilustrasi
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Setiap umat muslim tentu menginginkan tempat terbaik di akhirat kelak, yaitu surga. Namun, untuk menempati tempat terbaik itu, ada setidaknya tiga amalan yang mudah dilakukan umat muslim selama hidup dunia.

Hal tersbeut bahkan telah tercantum dalam QS. Ali Imran ayat 133-134 yang artinya:

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.”

Dalam arti ayat tersebut, telah dikatakan tiga amalan yang mendapatkan jaminan surga di hari akhir kelak, yaitu mereka yang berinfak di jalan Allah SWT, menahan amarahnya, dan memaafkan kesalahan orang lain. Yuk, kita bahas ketiga hal tersebut.

1. Berinfak di jalan Allah SWT

Setiap manusia, mungkin pernah menyisihkan sedikit hartanya untuk bersedekah atau berinfak. Tentu saja, untuk bisa berinfak atau bersedekah, kamu bisa melakukannya dalam keadaan lapang maupun keadaan sempit, baik ketika hidup berkecukupan maupun sedang kekurangan.

Sebenarnya, berinfak menjadi salah satu jalan untuk memperlancar rezeki, bukan malah mempersulit kondisi ekonomi. Karena pada saat bersedekah, tanpa memikirkan kondisi ekonomi yang sedang dialami, mereka telah membantu umat sesamanya.

Ada banyak keajaiban yang bisa kamu dapat dari berinfak atau bersedekah, seperti menciptakan kesejahteraan, menjalin persaudaaan, bahkan mewujudkan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat.

Allah SWT pula telah menjanjikan akan menghapus dosa-dosa orang yang bersedekah.

“Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api“. (HR. Tirmidzi)

Jadi, enggak ada salahnya kan untuk berinfak dan bersedekah sekalipun kamu sedang mengalami kesusahan?

2. Mampu menahan amarah

Nah, amalan yang bisa kamu lakukan dan kemudian akan dimasukkan ke dalam surga jika melakukannya adalah orang yang mampu menahan amarahnya.

Menahan amarah memang tidak mudah dilakukan, apalagi jika kamu termasuk orang yang tidak sabaran. Namun, bagi mereka yang dapat menahan amarahnya, orang ini akan dimasukkan ke dalam surga-Nya. Kenapa? Sebab, orang-orang seperti ini takut pada murkanya Allah SWT dan khawatir terhadap dampak dari kemarahannya.

“Orang yang kuat bukan orang yang menang dalam pertandingan, orang yang kuat adalah orang yang bisa menahan amarahnya ketika ia sedang marah.” (HR Bukhari dan Muslim)

3. Memaafkan kesalahan orang lain

Memaafkan kesalahan orang lain, juga bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. sebab, ini sama saja dengan memaafkan kesalahan orang dan mengubahnya menjadi kebaikan serta memaafkannya begitu saja.

Jadi, surga adalah tempat yang disediakan Allah SWT untuk orang-orang yang melakukan amalan-amalan tersebut.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *