Hikmah Pagi : 5 Cara Membersihkan Pikiran dan Hati dalam Islam

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



 

Hajinews.id – Mengontrol pikiran serta hati memang bukan perkara gampang. Ada banyak ujian yang harus dilalui seseorang saat sedang menuju istiqomah maupun beriman. Tidak hanya itu, ujian yang berat terkadang membuat seseorang sulit mengontrol emosinya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Begitu juga hati, saat kotornya hati membuat seseorang sulit menerima keadaan. Bahkan mudah sulit menentukan pilihan di hidupnya sendiri.

Dalam Islam, ada lima cara untuk membersihkan pikiran dan hati

1. Sabar

Sabar menjadi cara seseorang dalam mengontrol pikiran serta hatinya. Saat ujian datang, sabar adalah bentuk yang paling ampuh dalam menerima segalanya.

Hal itu diungkap oleh Allah SWT dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 153. Allah berfirman:

Allah Ta’ala berfirman tentang mencari ketenangan dalam islam: “Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar” (Qs. Al-Baqarah 153).

2. Mengadu kepada Allah SWT

Saat ujian datang, terkadang pikiran dan hati mudah sekali tergoyah kalau tidak kuat-kuatnya. Ketika ujian memberatkan kamu, caranya yakni mengadu kepada Allah SWT.

“Hanya kepada-Mulah kami menyembah, dan hanya kepada-Mulah kami meminta pertolongan” (QS. Al Fatihah 5).

3. Lebih khusyu dalam menjalankan ibadah salat

Untuk mengatasi pikiran dan hati yang kotor, cara satu-satunya yang paling ampuh adalah dengan menjalankan ibadah salat lebih khusyu. Hal itu telah diungkap dalam Q.S. Az-Zumar ayat 23:

“Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) Al Quran yang serupa (mutu ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang, gemetar karenanya kulit orang-orang yang takut kepada Tuhannya, kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka di waktu mengingat Allah. Itulah petunjuk Allah, dengan kitab itu Dia menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang disesatkan Allah, niscaya tak ada baginya seorang pemimpinpun.”

4. Selalu berzikir

Hati yang kotor serta pikiran yang tidak jernih membuat seorang mudah kehilangan arah. Maka dari itu, cara yang baik menurut Islam adalah dengan cara zikir sebanyak-banyaknya.

“Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah lah hati menjadi tenteram” (Qs Ar-Ra’du 28).

5. Membaca Alquran

Mengatasi pikiran dan hati yang kotor tidak begitu sulit kok. Bagi orang yang mengingat agama serta Allah SWT, salah satu obat yang ampuh adalah dengan membaca Alquran. Hal itu diungkap dalam Q.S. Az-Zumar ayat 23:

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *