Hikmah Siang : Doa Menambah Rezeki Orangtua

(Ilustrasi berdoa. (pexels.com)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



 

Hajinews.id – Rezeki merupakan anugerah dari Tuhan yang wujudnya beragam. Tak melulu tentang materi, rezeki juga bisa berbentuk kasih sayang, kebahagiaan, keharmonisan dan hal-hal baik lainnya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Namun tak dipungkiri, materi sangat dibutuhkan setiap orang untuk menjalani kehidupan ini. Mengingat untuk bertahan hidup, seseorang butuh makan, baju, tempat tinggal dan hiburan.

Doa menambah rezeki orang tua dapat dibaca oleh anak demi kelancaran kebutuhan keluarga. Doa seorang anak untuk orang tuanya akan menjadi doa yang mustajab. Apalagi jika doa menambah rezeki orang tua ini dipanjatkan dengan sungguh-sungguh.

Orang tua merapakan kunci pintu surga. Berlakulah baik kepada mereka, sayangilah dan rawatlah mereka dengan sepenuh hati. Sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Abu Darda ra, Rasulullah saw bersabda:

“ Orang tua adalah pintu surga paling tengah. Kalian bisa sia-siakan pintu itu atau kalian bisa menjaganya.” (HR. Tirmidzi, No. 1900)

Berikut bacaan doa menambah rezeki orang tua menurut Al-Quran yang bisa amalkan setiap hari.

Mendoakan kedua orang tua adalah keharusan setiap anak. Sebab mereka adalah orang yang berjasa dalam kehidupan anaknya. Mendoakan kedua orang tua sebaiknya dipanjatkan setiap hari setelah sholat fardhu. Sebab waktu setelah sholat adalah waktu yang mustajab untuk berdoa.

Berikut bacaan doa untuk kedua orang tua yang wajib dipanjatkan seorang anak:

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Allahummaghfirli dzunubi, wa li walidayya warhamhuma kama rabbayani shaghira

Artinya:

” Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil.

Selanjutnya, kamu juga bisa mengutip ayat Al-Quran sebagai doa untuk kedua orang tua. Berikut bacaan doa untuk orang tua sesuai Surat Ibrahim ayat 41:

رَبَّنَا اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِينَ يَوْمَ يَقُومُ الْحِسَابُ

Rabbanaghfirli waliwa lidayya walilmukminina yauma yaqumul hisab

Artinya:

” Ya Tuhan kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapaku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat).”

Selanjutnya, inilah kumpulan doa untuk menambah rezeki orang tua yang bisa dipanjatkan:

Allahumma yaa ghoniyyu yaa hamiid yaa mubdi’u yaa mu’iid yaa rohimu yaa waduud yaa fa’alu lima yuriid agnini bihalaalila, anharoomika wa bifadlika ‘amman siwaak

Artinya:

” Ya Allah Tuhanku Yang Maha Kaya dan Maha Terpuji, Tuhan Yang Menakdirkan dan Yang Mengembalikan, Yang Maha kasih dan Maha Kasih Sayang. Berilah aku kekayaan harta yang Engkau halalkan bukan yang Engkau haramkan, berilah aku kelebihan dari yang lain dengan berkah karunia-Mu.”

Doa untuk kelancaran rezeki orang tua bisa kamu kutip dari Al-Quran Surat Shad ayat 35:

قَالَ رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَهَبْ لِيْ مُلْكًا لَّا يَنْۢبَغِيْ لِاَحَدٍ مِّنْۢ بَعْدِيْۚ اِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ

Qāla rabbigfir lī wa hab lī mulkal lā yambagī li`aḥadim mim ba’dī, innaka antal-wahhāb

Artinya:

Dia berkata, “ Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh siapa pun setelahku. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Pemberi.”

Doa menambah rezeki orang tua selanjutnya ini berdasarkan hadis riwayat Ibnu Majah dan Imam Ahmad:

Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’an, wa rizqon thoyyibaan, wa ‘amalan mutaqobbalaan

Artinya:

“ Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rizki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik). (HR. Ibnu Majah, no. 925 dan Ahmad 6: 305, 322)

Demikian itulah doa menambah rezeki orang tua yang bisa Sahabat Dream jadikan referensi untuk bacaan doa sehari-hari. Dengan membaca doa menambah rezeki orang tua, semoga Allah senantiasa mencukupi kebutuhan dan memberikan keharmonisan untuk setiap hamba-Nya yang berdoa.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *