Hikmah Malam: Empat Orang yang Diharamkan Atas Api Neraka

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh: Ustadz Abu Yahya Badrussalam, Lc حفظه الله

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Maukah kalian aku tunjukkan orang yang Haram baginya tersentuh api neraka?” Para sahabat berkata, “Mau, wahai Rasulallah!” Beliau menjawab: “(yang Haram tersentuh api neraka adalah) orang yang Hayyin, Layyin, Qarib, Sahl.” (H.R. At-Tirmidzi dan Ibnu Hiban).

Dalam hadits ini, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan ada empat orang yang diharamkan atas api neraka. Siapa dia?

Hayyin, yaitu orang yang tawadhu, tidak sombong, tidak merasa angkuh, tidak ujub.

Layyin, lembut. Yaitu lembut dan tidak kasar.

Qarib, dekat dengan manusia. Artinya manusia merasa senang untuk mendekatinya. Karena jika ada orang yang manusia takut untuk mendekatinya karena keburukannya, maka orang ini termasuk orang yang paling keras sisksanya pada hari kiamat.

Sahl, mudah. Mudah didalam menagih hutang, mudah dalam membeli, mudah didalam menjual. Dia selalu berusaha memberikan kemudahan kepada manusia.

Kewajiban orang yang berakal adalah agar dia bergaul dengan manusia dengan akhlak yang baik dan meninggalkan akhlak yang buruk. Karena akhlak yang baik bisa melarutkan kesalahan dan dosa-dosa sebagaimana garam larut didalam air.

Bergaul dengan manusia, yang paling mudah adalah pada wajah. Yaitu dengan memperlihatkan wajah yang berseri-seri. Maka dari itu jangan menganggap remeh senyum. Dengan seperti itu kita menjadi dekat dengan manusia dan manusia tidak canggung untuk bergaul dengan kita.

Ketika kita berteman, perlihatkan wajah yang berseri-seri. Hendaknya kitapun mempunyai sifat lemah-lembut dalam berbicara dan bergaul. Kita berusaha untuk memperhatikan kesulitan mereka dan membantunya. Kita juga harus berusaha untuk tidak menyakiti hati mereka baik dengan ucapan ataupun perbuatan.

​​​​​​​​​

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *