Hikmah Pagi: Di Dalam Shalat terdapat Pertolongan dan Pencegahan

keutamaan shaf pertama
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Shalat adalah cahaya bagi orang-orang beriman, sinar dalam hatinya, dan penghubung dengan Rabbnya. Oleh karena itu, terdapat pertolongan yang besar dan pencegahan terhadap perbuatan keji dan munkar di dalam shalat yang sempurna. Shalat seorang hamba belum sempurna hingga hamba tersebut mengerjakan wajib dan sunnah shalat, khusyu’, menghadirkan hati di setiap ucapan dan gerakan, serta fokus dengan munajat kepada Rabbnya di dalam shalat tersebut.

Allah Ta’ala  memerintahkan hamba-Nya untuk memohon pertolongan dengan sbalat. Allah Ta’ala berfirman,

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

وَاسْتَعِيْنُوْا بِالصَّبْرِ وَالصَّلٰوةِ ۗ وَاِنَّهَا لَكَبِيْرَةٌ اِلَّا عَلَى الْخٰشِعِيْنَۙ

“Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat. Dan (salat) itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk.” (QS. Al-Baqarah: 45)

Allah Ta’ala juga berfirman,

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اسْتَعِيْنُوْا بِالصَّبْرِ وَالصَّلٰوةِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ مَعَ الصّٰبِرِيْنَ

“Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqarah: 153)

Selain Allah Ta’ala perintahkan hamba untuk memohon pertolongan dengan shalat, Allah Ta’ala juga menjelaskan bahwa di dalam shalat terdapat pencegahan terhadap perbuatan keji dan munkar. Allah Ta’ala berfirman,

اِنَّ الصَّلٰوةَ تَنْهٰى عَنِ الْفَحْشَاۤءِ وَالْمُنْكَرِ

“Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar … ” (QS. Al-‘Ankabut: 45)

Maksud dari shalat mencegah dari perbuatan keji dan munkar yaitu apabila seorang hamba benar-benar menegakkan sbalat, menyempurnakan rukun dan syarat shalat, khusyuk di dalam mendirikan shalat, maka hatinya akan terang dan suci, keimanan bertambah, hasrat terhadap kebaikan semakin kuat, dan hasrat terhadap keburukan pun akan menghilang. Seorang hamba yang konsisten dalam keadaan seperti ini, dia akan terjaga dari perbuatan keji dan munkar. Inilah yang diharapkan pada hamba yang mengerjakan shalat.

🌐 Referensi: https://muslim.or.id/61562-di-dalam-salat-terdapat-pertolongan-dan-pencegahan.html

▬▬▬▬▬•◇🕌◇•▬▬▬▬▬​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *