13 Penyebab Pembengkakan Jantung, Termasuk Tekanan Darah Tinggi

Penyebab Pembengkakan Jantung
Pembengkakan Jantung
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Pembengkakan jantung atau istilah medisnya kardiomegali adalah suatu kondisi dimana jantung membesar atau bengkak. Penyebab jantung membengkak biasanya berkaitan dengan kondisi medis tertentu, terutama yang membuat jantung menjadi lebih keras dari biasanya.

Tergantung penyebabnya, pembengkakan jantung bisa bersifat sementara atau permanen. Jika tidak ditangani dengan baik, serangan jantung dapat menyebabkan masalah yang sangat serius, seperti gagal jantung atau serangan jantung mendadak.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apa saja yang bisa menyebabkan penyakit jantung. Dengan cara ini, tindakan pencegahan dilakukan sejak dini untuk menghindari risiko yang mengancam jiwa.

Penyebab Pembengkakan Jantung

Apa saja kondisi yang bisa menjadi penyebab pembengkakan jantung? Dikutip dari Mayo Clinic, berikut pembahasannya.

  1. Kelainan jantung bawaan (Congenital heart defect)

Kelainan jantung saat lahir dapat menjadi salah satu penyebab pembengkakan jantung. Kelainan jantung bawaan dapat berupa masalah pada struktur atau fungsi jantung yang membuatnya membesar menjadi lemah.

  1. Serangan jantung

Serangan jantung bisa menimbulkan kerusakan yang memicu pembengkakan jantung. Jika kerusakan terjadi pada struktur jantung, maka hal tersebut dapat memengaruhi fungsi jantung dalam memompa darah.

Akibatnya, jantung harus bekerja lebih keras untuk bisa memompa cukup darah ke seluruh tubuh. Seiring waktu, beban kerja yang terlalu berat itu bisa membuat jantung membengkak dan bahkan berujung pada gagal jantung.

  1. Kardiomiopati

Kardiomiopati adalah kelainan pada otot jantung. Penyakit ini kerap membuat jantung pengidapnya menjadi keras dan tebal. Akibatnya, jantung menjadi kesulitan untuk memompa darah secara efisien ke seluruh tubuh.

  1. Efusi perikardium

Efusi perikardium adalah kondisi ketika terjadi penumpukan cairan di selaput pembungkus jantung yang bernama perikardium. Penumpukan cairan tersebut dapat membuat jantung mengalami pembengkakan yang bisa dilihat melalui rontgen dada.

  1. Penyakit atau kerusakan katup jantung

Jantung terdiri dari empat katup yang berfungsi untuk memastikan darah mengalir ke tempat yang seharusnya. Penyakit atau kerusakan pada katup tersebut dapat mengganggu aliran darah dan membuat ruang jantung membesar.

  1. Tekanan darah tinggi

Pada orang yang mengidap tekanan darah tinggi atau hipertensi, jantungnya kerap harus bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh anggota tubuh. Jika hal ini terjadi secara terus menerus, maka beban kerja jantung yang terlalu berlebihan itu berisiko membuat otot jantung membesar dan melemah.

  1. Hipertensi Pulmonal

Selain hipertensi biasa, penyebab pembengkakan jantung juga bisa berasal dari hipertensi pulmonal. Hipertensi pulmonal adalah jenis tekanan darah tinggi yang terjadi pada pembuluh arteri di paru-paru.

Pada pengidap hipertensi pulmonal, jantung harus bekerja lebih keras untik mengalirkan darah ke paru-paru. Beban akibat aktivitas yang terlalu berat tersebut dapat memicu terjadinya penebalan atau pembengkakan pada bagian kanan jantung.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar