Kultum 369: Hari Ini Penduduk Bumi 8 Milyar (1)

Hari Ini Penduduk Bumi 8 Milyar
Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh: Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ

Pembaca yang dirahmati Allah,

Hajinews.co.id – Pada 18 Oktober 2022, sebuah harian online bernama The Guaradian menulis, “PBB memperingatkan terhadap alarmisme ketika populasi dunia mencapai tonggak sejarah 8 miliar”. Ketua UNFPA mendesak negara-negara untuk fokus membantu perempuan, anak-anak dan orang-orang terpinggirkan yang paling rentan terhadap perubahan demografis. Menurutnya, dunia tidak boleh terlibat dalam “alarmisme populasi” karena jumlah orang yang hidup di Bumi mendekati 8 miliar, kata seorang pejabat senior PBB.

Populasi global diproyeksikan mencapai tonggak sejarah itu pada 15 Nopember 2022, dengan beberapa komentator mengungkapkan kekhawatiran tentang dampak dari peningkatan jumlah tersebut di dunia yang sudah berjuang dengan ketidaksetaraan besar, krisis iklim, dan perpindahan dan migrasi yang dipicu konflik. Namun, Dr. Natalia Kanem, direktur eksekutif Dana Kependudukan PBB (UNFPA), mendesak negara-negara untuk tidak panik tetapi sebaliknya fokus membantu perempuan, anak-anak dan orang-orang terpinggirkan yang paling rentan terhadap perubahan demografis.

Setidaknya, itulah berita yang Selasa hari ini bisa menggemparkan, atau setidaknya, paling populer tahun ini. Lantas bagaimana kita sebagai umat Muslim harus bersikap terhadap berbagai kekhawatiran yang ada? Sebagai insan beriman, kita memang tidak perlu pesismis. Tapi sebaliknya kita juga tidak boleh terlalu optimis dngan tidak memahami berbagai siuasi yang harus dihadapi.

Khusus dalam hal pangan yang biasanya menjadi perhatian utama dewan PBB, kita mungkin bisa mengacu pada apa yang sudah ada sejak 1.400 tahun lalu. Segala makhluk di atas bumi dijamin rezekinya oleh Allah Subhanahu wa-ta’ala. Jadi, setiap makhluk yang bergerak dan mencari rezekinya pasti akan terpenuhi kebutuhannya. Allah Azza wa Jalla berfirman,

وَمَا مِنْ دَاۤ بَّةٍ فِى الْاَرْضِ اِلَّا عَلَى اللّٰهِ

رِزْقُهَا وَ يَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۗ

كُلٌّ فِيْ كِتٰبٍ مُّبِيْنٍ

Artinya:

Dan tidak satu pun makhluk bergerak (bernyawa) di bumi melainkan semuanya dijamin Allah rezekinya. Dia mengetahui tempat kediamannya dan tempat penyimpanannya. Semua (tertulis) dalam Kitab yang nyata (QS. Hud, ayat 6).

Berdasarkan ayat tersebut, kita sebagai umat Muslim, bisa bernafas lega dan mulai menjadi semakin paham bahwa Allah bukan saja menciptakan seluruh jagad ini, tapi juga mengatur seluruh sirkulasinya. Kita juga semakin paham bahwa selama ini justru kita sebagai manusia ini sungguh kurang bersyukur atas segala nikmat itu. Selain itu, kita juga semakin yakin bahwa Allah Subhanahu wata’ala akan memberi rizki, terutama berupa makanan yang Allah juga yang memberikan. Allah berfirman,

وَّيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ ۗ

وَمَنْ يَّتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ فَهُوَ حَسْبُهٗ ۗ

اِنَّ اللّٰهَ بَا لِغُ اَمْرِهٖ ۗ قَدْ جَعَلَ اللّٰهُ

لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

Artinya:

Dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barang siapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)-nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu (Q S. At-Talaq, ayat 3).

Dua ayat tersebut sangat pas untuk merenung dalam menghadapi putaran dunia yang terasa semakin cepat dan semakin membingungkan ini. Dua ayat itu pula seharusnya membuat kita berpikir bahwa selama ini Allah-lah yang memenuhi setiap kebutuhan kita akan pangan.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar