Kultum 423: Berapa Lama Mukmin Berdosa di Neraka?

Berapa Lama Mukmin Berdosa di Neraka?
Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Mereka semua tidak mengetahui adanya riwayat yang menjelaskan ‘lamanya’ tinggal para pendosa Muslim di Neraka selain dari dua hadits, keduanya munkar (ganjil) dan tidak shahih. Yang pertama diriwayatkan oleh Ibn Abi Hatim dalam Tafsirnya, sebagaimana dinyatakan dalam Tafsir Ibn Katsir (4/425) melalui Miskeen Abu Faatimah, al-Yamaan ibn Yazid memberitahuku, dari Muhammad ibn Himyar, dari Muhammad ibn ‘Ali, dari bapaknya, dari kakeknya, bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Orang-orang yang melakukan dosa besar, di antara ahli tauhid segala bangsa, jika mereka mati dalam keadaan masih melakukan dosa-dosa mereka, tanpa menyesal atau bertaubat, siapa pun di antara mereka yang masuk Neraka, melalui pintu pertama Neraka, mata mereka tidak akan membiru dan wajah mereka tidak akan menghitam, dan mereka tidak akan dipasangkan dengan syetan, diikat dengan rantai, atau diberi air mendidih untuk diminum atau diberi (pakaian) dari api neraka. Allah akan melarang tubuh mereka untuk tinggal di dalamnya selamanya karena Tauhid, dan Dia (Allah) akan mengharamkan wajah mereka ke neraka karena sujud mereka. Beberapa dari mereka akan disiksa oleh Neraka hingga kakinya; sebagian dari mereka akan disiksa oleh api neraka sampai pinggang dan sebagian dari mereka akan disiksa oleh api sampai ke leher, sesuai dengan dosa dan perbuatan mereka. Beberapa dari mereka akan tinggal di sana selama satu bulan, kemudian dibawa keluar; beberapa akan tinggal di sana selama satu tahun, kemudian dibawa keluar darinya; mereka yang tinggal di sana untuk waktu yang lama akan tetap ada selama dunia ini ada, dari hari diciptakan sampai tidak ada lagi”.

Beberapa dari mereka akan tinggal di sana selama satu bulan, kemudian dibawa keluar; beberapa akan tinggal di sana selama satu tahun, kemudian dibawa keluar darinya; mereka yang tinggal di sana untuk waktu yang lama akan tetap ada selama dunia ini ada, dari hari diciptakan sampai tidak ada lagi. Beberapa dari mereka akan tinggal di sana selama satu bulan, kemudian dibawa keluar; beberapa akan tinggal di sana selama satu tahun, kemudian dibawa keluar darinya; mereka yang tinggal di sana untuk waktu yang lama akan tetap ada selama dunia ini ada, dari hari diciptakan sampai tidak ada lagi”. Allahu ya’lam.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Semoga sedikit yang kita baca ini menjadi pengingat kita untuk selalu bersyukur karena dijadikan Allah hamba yang beriman, dan kalau sekiranya bisa memberi manfaat bagi yang lain, mari kita share kultum ini kepada sanak saudara dan handai taulan serta sahabat semuanya, semoga menjadi jariyah kita semua, aamiin.

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sumber : Ahmad Idris Adh.                                    —ooOoo—

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *