Gus Baha: Bukan Meminta Doa, Ini Kunci Haji Mabrur

Kunci Haji Mabrur
gus baha


banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Semua jamaah haji (calhaj) pasti berharap bisa menjadi haji mabrur. Haji Mabrur hanya diartikan sebagai haji yang diterima oleh Allah.

Sejak haji diterima, hal itu mempengaruhi kebaikan sendiri dan orang lain.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dari sudut pandang fiqih, haji mabrur berarti memenuhi syarat dan rukun haji. Singkatnya, hajinya sah.

Mengingat hal tersebut, ada berbagai persyaratan yang membolehkan seorang jamaah haji bisa mabrur. Namun ada kalanya mereka malas belajar, namun berharap bisa ,menjadi haji yang mabrur.

Kasus seperti ini ternyata kerap ditemukan oleh ulama asal Rembang, KH Ahmad Bahauddin Nursalim. Alkisah, Gus Baha -demikian lebih akrab disapa- sering kedatangan orang-orang yang meminta doa agar hajinya mabrur.

Kunci Haji Mabrur

Namun sebelum mendoakan, ia terlebih dahulu menekankan pentingnya pemahaman tentang haji daripada sibuk meminta doa kemabruran haji.

Gus Baha bertanya terlebih dahulu kepada sang tamu, apakah mereka sudah memahami syarat dan rukun haji. Jika belum paham, ia meminta mereka untuk belajar.

“Kiai, saya mau haji, syarat rukunnya apa? Seandainya tanya begitu, saya kan bisa menerangkan,” ucap Gus Baha, dikutip dari laman NU Online, Sabtu (4/5/2024).

Gus Baha menganalogikan doa haji mabrur bagi orang yang belum berpengetahuan haji itu sama dengan mendoakan selamat orang yang belum bisa mengendarai motor.

“Orang yang minta didoakan jadi haji mabrur itu seperti orang yang gak bisa mengendarai sepeda motor tapi minta didoakan selamat,” katanya. “Ini sama dengan hajinya gak bisa, tapi kok minta didoakan selamat,” sambungnya.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *