Hukum Merokok Menurut Gus Baha: Rokok Itu Haram, Bakar Saja!

Hukum Merokok Menurut Gus Baha
Gus Baha


banner 800x800

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idAhmad Bahauddin Nursalim atau biasa disapa Gus Baha memberikan nasehatnya dengan cara yang tidak biasa.

Hal ini membuat masyarakat semakin mendengarkan perkataannya. Terutama yang berkaitan dengan fiqih dan segala aspek yang dapat dijadikan pedoman.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Salah satunya saat Gus Baha bercerita lucu soal rokok. Apa masalahnya? Dikutip dari channel YouTube Caping Bertasbih 2, simak cerita lengkapnya di bawah ini.

Suatu hari, Gus Baha ikut serta dalam acara pernikahan kerabatnya. Di sana, ia mendengar kisah Habib Umar yang sedang membaca artikel tentang bahaya merokok dan tak henti-hentinya tertawa. Pasalnya, alih-alih bukannya berhenti merokok, Habib Umar justru berhenti membaca artikel lain tentang bahaya merokok.

“Saya baca bahayanya merokok, setelah tahu bahayanya, saya berhenti membaca. Ta’ pikir itu setelah tahu bahayanya berhenti merokok, ternyata enggak,” tutur Gus Baha, memperagakan Habib Umar.

Diceritakannya lagi, Habib Umar juga pernah ditegur oleh seorang dokter, “Bib, kalau merokok terus nanti mati?”

Dengan santainya Habib Umar justru menjawab, “Tenang saja dok, saya masih bawa korek.” Para santri yang menyimak langsung tertawa terbahak-bahak.

Tidak berhenti sampai di sana, Gus Baha kembali menceritakan humor lainnya terkait rokok. Suatu ketika seorang sesepuh bertanya kepada Gus Baha, “Ha (menyapa Gus Baha), rokok itu haram tidak?”

Gus Baha kemudian menjawab, “Kalau pendapat saya mengatakan haram bagaimana Mbah?,” tanya Gus Baha.

Jawaban tidak terduga justru keluar dari sang sesepuh. “Lha iya, jika haram berarti saya benar. Makanya saya bakar, barang haram itu sebaiknya dibakar,” kata Gus Baha menirukan sesepuh itu.

Di kesempatan yang berbeda, sebagai ulama kharismatik dan ahli tafsir Al Qur’an, wajar saja pendapat Gus Baha menjadi rujukan dan fatwa bagi persoalan hukum dalam Islam. Salah satunya adalah soal rokok.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *