Tidak Salat Namun Sering Bersedekah, Apakah Ini Tidak Diterima? Ini Kata Buya Yahya

Tidak Salat Namun Sering Bersedekah
Buya Yahya


banner 800x800

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idKita sering mendengar di masyarakat ada orang yang suka bersedekah, tapi tidak Salat. Orang-orang yang mengetahui ini langsung mengatakan bahwa sedekahnya mereka tidak diterima karena tidak Salat.

Buya Yahya menjelaskannya secara detail. Dalam video yang diunggah saluran YouTube @Al-Bahjah TV.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Ada kesalahpahaman dalam perdebatan agama mengenai hubungan antara sedekah dan Salat.

Salah satu pertanyaan yang sering dilontarkan adalah: Apakah orang yang bersedekah namun jarang salat akan diterima di sisi Allah SWT?

Buya Yahya menjelaskan, meskipun sedekah seseorang tidak terlalu rajin shalat, maka akan diterima oleh Allah.

Ini Penjelasan Buya Yahya

Menurut Buya Yahya, ungkapan yang menyatakan bahwa sedekah tidak akan diterima jika seseorang tidak menjalankan Salat adalah tidak benar.

Ia menegaskan bahwa hubungan antara sedekah dan Salat tidaklah demikian sederhana. Bahkan, Buya Yahya mengungkapkan bahwa ia memiliki prasangka baik terhadap orang yang rajin bersedekah, yaitu bahwa mereka akan menjadi lebih tekun dalam menjalankan Salat seiring dengan meningkatnya kegiatan sedekah yang mereka lakukan.

Selain itu, Buya Yahya menyampaikan bahwa Salat itu sebenarnya mudah dilakukan. Beliau menekankan bahwa Salat dapat dilakukan di mana saja dan tidak memerlukan persyaratan khusus seperti mukenah atau sajadah.

Hal ini menunjukkan bahwa Allah SWT menerima Salat dari siapa saja yang melakukannya dengan sungguh-sungguh, tanpa terikat pada peraturan-peraturan tertentu.

Dengan Sedekah Orang akan Memperbaiki Ibadahnya dengan Sendirinya

Sebagai contoh, Buya Yahya menyebutkan bahwa seseorang yang banyak bersedekah namun belum menutup auratnya, diharapkan bahwa dengan terus melakukan sedekah, dia akan lebih mudah untuk memperbaiki kualitas ibadahnya, termasuk dalam hal menutup aurat.

Buya Yahya juga menyoroti kesalahan pemahaman tentang Salat yang sering kali membuat banyak orang meninggalkan kewajiban tersebut.

Menurutnya, banyak orang tidak menjalankan Salat bukan karena mereka menantang Allah, melainkan karena mereka belum memahami betapa mudahnya untuk melaksanakan Salat.

Dengan penjelasan ini, Buya Yahya mengajak umat Islam untuk lebih memahami pentingnya kedua ibadah tersebut, serta untuk tidak menilai seseorang berdasarkan kekurangan yang mereka miliki dalam menjalankan satu ibadah tertentu.

“Jadi banyak orang meninggalkan Salat bukan karena menantang Allah, akan tetapi karena belum mengerti bagaimana cara Salat yang mudah,” sebut Buya Yahya.

Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *